Pengurus PWI Pesawaran Silatuhami dengan Ketua Badan SAR Lampung

img
Kunjungan PWI Pesawaran di Kantor BNPP Provinsi Lampung.

MOMENTUM, Gedongtataan--Penanganan bencana membutuhkan kerjasama berbagai pihak. Termasuk wartawan dalam menyajikan informasi kebencanaan kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Badan SAR Provinsi Lampung, Jumaril, saat menyambut kedatangan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran di Kantor BNPP, Jalan Lintas Timur, Lampung Selatan, Kamis (9-9-2021).

"Kami sangat membutuhkan peran media massa dalam pemberitaan terkait kebencanaan di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawaran, untuk menyampaikan informasi obyektif kepada masyarakat," sebut Jumaril.

Karena itu, pihaknya siap memberikan pelatihan dasar pertolongan pertama bagi korban bencana serta pedoman keselamatan bagi wartawan yang bertugas di area terjadinya bencana.

"Biasanya memang kami melatih sejumlah komunitas yang berpotensi menjadi sumber daya dalam melakukan pencarian dan pertolongan korban bencana," ungkapnya.

Jumaril juga mengungkap untuk melakukan operasi kebencanaan di Lampung, pihaknya telah mendirikan tiga pos pencarian dan pertolongan atau Search and Rescue di Kabuten Tanggamus, Lampung Selatan serta Tulangbawang.

Ketua PWI Pesawaran, M Ismail mengatakan kunjungan itu dalam rangka membangun sinergi dalam mengawal informasi kebencanaan serta pengetahuan dasar bagi wartawan yang meliput bencana alam di Pesawaran.

"Kita tahu bahwa Kabupaten Pesawaran juga menjadi salah satu daerah dengan potensi bencana yang cukup tinggi, sehingga kita sebagai wartawan juga dituntut untuk memahami dasar-dasar kebencanaan," kata Ismail.

Kunjungan pengurus PWI Pesawaran disambut oleh Kepala BNPP Jumaril, didampingi sejumlah pejabat. Sementara pengurus PWI Pesawaran: Ketua M Ismail, Sekretaris Sapto Firmansis, Bendahara Reza Utama, Organisasi Rama Diansyah serta anggota bidang pendidikan Rifat Arif.

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos