Pemkab Pesawaran Serius Kembangkan Potensi Pariwisata

img
Gelaran pelatihan sumber daya manusia serta peluncuran wisata Punggung Naga di Desa Pesawaran Indah, Kecamatan Wayratai.

MOMENTUM, Wayratai--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran serius menggali dan mengembangkan potensi pariwisata di wilayah setempat.

Melalui Dinas Pariwisata setempat, pengembangan potensi pariwisata dilakukan dalam program One Village One Destination (OVOD, khususnya wisata berbasis pedesaan. 

Salah satu bentuk keseriusan itu yakni meningkatkan pengetahuan dan sumber daya manusia guna memaksimalkan pengelolaan obyek wisata desa.

Seperti dalam gelaran pelatihan pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan destinasi wisata sekaligus peluncuran destinasi Wisata Punggung Naga, Desa Pesawaran Indah, Kecamatan Wayratai, Minggu (31-10-2021).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekretariat Pemkab Pesawaran, Marzuki mengatakan program OVOD membutuhkan sinergitas lintas sektoral dan berbagai pihak agar pengembangan pariwisata pedesaan tertata dengan baik.

"Sebagai tindak lanjut program One Village One Destination (OVOD) dan Pembangunan Desa Wisata di Kabupaten Pesawaran, maka sangat diperlukan harmonisasi gerak dan langkah dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesawaran," ungkapnya mewakili Bupati Dendi Ramadhona.

Menurut Marzuki, pada prinsipnya terdapat tiga aspek penting sekaligus merupakan syarat minimal yang menjadi dasar dalam perencanaan pengembangan pariwisata yang disingkat dengan tiga A: Atraksi atau pertunjukan, Amenitas atau sarana penunjang, serta Aksesibilitas atau jalan menuju lokasi.

"Ketiganya merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh suatu Destinasi Wisata. Dengan ditetapkannya Desa Harapan Jaya sebagai Pilot Project Pencanangan Desa Wisata tentunya merupakan langkah nyata dan awal yang bagus dalam pembangunan desa wisata," tambahnya.

Sementara, Kadis Pariwisata, Ketut Partayasa mengatakan Desa Pesawaran Indah memiliki banyak potensi untuk terus dikembangkan, dengan luas mencapai lima hektare dan berada di puncak bukit menjadikan wisata tersebut sangat layak dikunjungi wisatawan. 

"Kita patut berbangga dan bersyukur bahwa Kabupaten Pesawaran merupakan kabupaten yang mempunyai banyak jenis wisata dan destinasi yang sudah mulai dikenal mayarakat luas bahkan manca negara," tuturnya.

Diketahui, selain dihadiri warga dan aparatur desa setempat serta sejumlah anggota Forkopimda, turut hadir Ketua DPRD Pesawaran, Suprapto, Wakil Ketua II, Evi Dwiana Listiani serta anggota komisi II, Bambang Suheri.(**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos