Pesawaran Lampaui Target Minimum Vaksinasi Covid-19

img
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Media Apriliana

MOMENTUM, Gedongtataan--Capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Pesawaran telah melampaui target minimum yang dipatok Kementerian Kesehatan, sebesar 40 persen dari jumlah penduduk setempat. 

Kepala Dinas Kesehatan KabupatenmPesawaran Media Apriliana mengatakan, data input fasilitas kesehatan setempat, pelaksanaan vaksinasi covid-19 telah mencapai 43,34 persen untuk dosis pertama dan 17 persen untuk dosis kedua.

"Kalau target minumum memang sudah terlampaui, tapi kita terus berupaya optimal untuk mencapai seratus persen vaksinasi," kata Media Apriliana pada Harianmomentum.com, Selasa (16-11-2021).

Untuk mengefektifkan upaya mencapai 100 persen vaksinasi itu, dinkes setempat menerapkan sistem jemput bola dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah masyarakat yang belum divaksin. 

"Kendala kita saat ini, masih banyak warg yang kesulitan datang ke gerai vaksin. Karena itu, beberapa Puskesmas sudah menerapkan sisem jemput bola datang langsung ke rumah-rumah warga," ungkapnya.

Selain itu, koordinasi dan sinergi dengan aparat desa  terus diperkuat untuk melakukan pendataan warga yang belum divaksin.

"Kita sudah sampaikan kendala yang kita hadapi, kepada satgas covid tingkat kabupaten. Akhirnya dicarikan solusi, seluruh pemerintah desa harus mendata warganya siapa yang sudah divaksin dan yang belum, serta pihak desa wajib untuk mengantar warganya sampai ke gerai pelayanan vaksin,"  teranganya.

Saat ini,  stok vaksin  di Pesawaran mencapai 31.967 dosis. Jumlah tersebut  dibagi ke beberapa puskesmas untuk memeratakan pelayanan vaksinasi terhadap masyarakat. 

"Kalau untuk target perhari tidak ada, tapi kalau satu hari kami bisa melakukan vaksinasi 10 ribu, berarti stok itu bisa habis dalam tiga hari," jelasnya. 

Dia juga mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintah agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan covid-19.

"Ingat pandemi belum berakhir. Vaksin fungsinya untuk membentuk daya tahan tubu jika terpapar covid-19. Jadi untuk mencegah penularan, kita semua tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan," imbaunya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hingga 16 November 2021, jumlah kasus positif covid-19 di Pesawaran mencapai 2.649 orang.

Dari jumlah tersebut, 2.416 orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 232 orang. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos