Pilkades Serentak, Dendi Pastikan Prokes Berjalan Baik

img
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona meninjau pemungutan suara Pilkades di Pulau Pahawang, Kecamatan Punduhpidada

MOMENTUM, Punduhpidada--Penerapan protokol kesehatan dengan ketat menjadi salah satu syarat utama pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Pesawaran.

Terkait hal tersebut, Bupati Dendi Ramadhona memastikan aturan penerapan prokes berjalan dengan baik dalam proses pemungutan suara pilkades serentak yang berlangsung, Rabu 17 November 2021.

"Saya bersama pak Kapolres, sudah meninjau sejumlah pemungutan suara pilkades pada sejumlah desa di kawasan pesisir dan pulau. Alhamdulillah, penerapan prokes untuk mencegah penularan covid-19, berjalan dengan baik," kata Bupati Dendi Ramadhona usai meninjau Pilkades di Pulau Pahawang, Kecamatan Punduhpidada.

Menurut dia, peninjauan pilkades di desa kawasan pesisir dan pulau memang menjadi prioritas, karena terkait dengan kondisi cuaca dan letak geografis yang bisa berpengaruh terhadap kelancaran proses pemungutan dan penghitungan suara.  

 "Jadi kalau di Pulau Pahawang ini bukan rawan kamtibmasnya, tetapi faktor cuaca dan geografis juga menjadi kendala dalam pelaksanaan Pilkades. Alhamudlillah. mulai dari pendistribusian logistik sampai dengan pemungutan suara hari ini berjalan lancar sesuai aturan yang berlaku. Termasuk penerapan proksesnya," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya juga cukup tinggi.

"Tadi kita pantau, rata-rata jam 10 sampai 11 itu, setiap TPS sudah mencapai 80-90 persen mata pilih  yang menyalurkan hak suara. Ini membuktikan kalau sosialisasi Pilkades berjalan dengan baik dan sampai kepada masyarakat, sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih cukup tinggi,"  terangnya.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh calon kepala desa dapat legowo menerima apapun hasil pemungutan suara pilkades tersebut.

"Saya berpesan siapa pun nanti yang menang jangan terlalu bereuforia, agar tidak menimbulkan kekacauan, dan harus bisa merangkul calon yang kalah. Yang kalah juga harus legowo agar suasana tetap kondusif," pintanya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos