PMDT Lampung Sosialisasi Tansmigrasi ke Sulawesi

img
Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung sosialisasi penjaringan minat masyarakat bertransmigrasi keluar Lampung.

MOMENTUM, Gadingrejo--Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung melakukan sosialisasi penjaringan minat masyarakat bertransmigrasi keluar Lampung.

 

Sosialisasi berlangsung di Balai Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Senin (6-12-2021). Diikuti sekitar 50 peserta terdiri para tokoh masyarakat, aparatur dan kepala pekon se-Kecamatan Gadingrejo.

 

Kabid Transmigrasi pada Dinas PMDT Provinsi Lampung M.Arifin mewakili Kadis PMDT Provinsi Lampung ketika membuka kegiatan sekaligus memaparkan terkait maksud dan tujuan transmigrasi, persyaratan ikut program transmigrasi dan lokasi serta  fasilitasnya.

 

Menurutnya, tujuan transmigrasi untuk menyeimbangkan penyebaran penduduk, memperluas kesempatan kerja, mempercepat pembangunan daerah, pemerataan sumber daya alam dan sumber daya manusia serta meningkatkan taraf hidup para transmigrasi dan memperkuat ketahanan nasional.

 

Arifin menjelaskan, sejak dua tahun terakhir, tidak ada pemberangkatan transmigrasi dari Provinsi Lampung. Karena pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran. "Semoga pada 2022 ada kembali program transmigrasi," jelasnya.

 

Sementara Kabid Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Pringsewu Muhammad Subhan menjelaskan calon transmigrasi asal Kabupaten Pringsewu ada  10 kepala keluarga ke Sulawesi.

 

Menurut dia, untuk menjadi transmigran harus usia produktif karena pekerjaan awal adalah membuka daerah yang baru adalah pekerjaan berat. Transmigran juga harus sudah menikah agar mendapatkan ketenangan hidup dalam menghadapi pekerjaan baru.

 

"Calon transmigran juga harus memiliki keterampilan lain agar bisa memperoleh pendapatan di samping hasil pertanian," jelas M.Subhan.

 

Sebelumnya Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pringsewu Suchairi Sibarani mengatakan, berdasarkan informasi sasaran calon transmigrasi dari Pringsewu pada 2022 sebanyak 10 KK. Diharapkan tahun berikutnya  bisa bertambah menjadi 50 KK.

 

Suchairi mengharapkan, program sosialisasi tersebut terus berkelanjutan, dan pihaknya siap untuk menindak lanjuti  memonitoring dan melakukan  pembinaan

 

Diharapkan juga kepada para peserta agar dapat mengikuti sosialisasi dengan sebaiknya."Jika ada permohonan dan permintaan  dari peserta terkait transmigrasi, ajukan saja ke Dinas PMDT Provinsi Lampung," katanya. (*)

 

Laporan: Sulistyo

Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment