Telukpandan-Padagcermin Bisa Dilalui Sepeda Motor

img
Jembatan darurat dengan batang kelapa di Desa Gebang dibangun di lokasi jembatan yang ambrol akibat hujan deras.

MOMENTUM, Telukpandan--Akses jalan Telukpandan-Padangcermin, Kabupaten Pesawaran, yang terputus akibat jembatan ambrol, kini bisa dilalui sepeda motor.

Jembatan yang ambrol akibat hujan deras pada Senin (27-12-2021), telah dibangun jembatan darurat menggunakan batang kelapa. Sementara baru sepeda motor dan pejalan kaki yang bisa melintas.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, rusaknya jembatan yang menbakibatkan akses jalan Kecamatan Telukpandan-Padangcermin terputus. Pemkab kemudian membuat jembatan darurat.

"Tadi kita sudah turunkan alat berat ke lokasi, dan dibantu oleh personel Brigif 4 marinir bersama warga sekitar, jalan alternatif yang dibangun menggunakan pohon kelapa sudah selesai dikerjakan dan sekarang sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua," ujarnya, Selasa (28-12-2021).

Dia mengatakan, langkah ini diambil agar tidak adanya penumpukan kendaraan di lokasi, mengingat jembatan yang rusak merupakan satu-satunya akses penghubung antara Kecamatan Telukpandan menuju Padangcermin.

"Untuk saat ini baru kendaraan roda dua saja yang melintas, namun hasil koordinasi dengan Pemprov Lampung, satu dua hari ini mereka akan segera memperbaiki jembatan tersebut," ujar dia.

Dirinya berharap jembatan tersebut dapat segera diperbaiki, mengingat jembatan itu merupakan satu-satunya jalan ke lokasi wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Sementara, kepolisian setempat melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) melakukan aksi mengurai pengguna jalan di lokasi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Jembatan darurat sudah bisa dilewati, tetapi terbatas untuk kendaraan jenis motor, dan untuk pejalan kaki," sebut Kasat Lantas Polres Pesawaran, Iptu. Amsar.

Menurut Amsar, kepolisian setempat telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi potensi kemacetan di sekitar lokasi jembatan ambrol, antara lain dengan menerjunkan personel dan melakukan peringatan dini di Pasar Hanura, Telukpandan serta Pertigaan Padangcermin.

Laporan: Rifat Arif.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos