Nanang Undang Tokoh Adat Saibatin Lima Marga

img
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bersilaturahmi dengan tokoh adat Saibatin lima marga.

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto bersilaturahmi dengan tokoh adat saibatin lima marga di Aula Sebuku, rumah dinas bupati setempat, Selasa (28-12-2021).

Hadir dalam silaturahmi itu, Saibatin Marga Legun Kebandaran Wayurang, gelar Pangeran Sangun Ratu Ya Bandar II, Brigjen Pol Rudi Setiawan, yang diwakili Temenggung Nimbang Marga dan para paksi, Saibatin Marga Ratu gelar Pangeran Cahaya Marga (Syafrudin), Saibatin Marga Dantaran gelar Pangeran Naga Bringsang Lima (Ahmad Fajirin), Saibatin Marga Legun gelar Pangeran Tihang Marga (Azhar Marzuki).

Kemudian Saibatin Marga Rajabasa gelar Pangeran Puyimbang Agung (David Marison), dan Saibatin Marga Ketibung gelar Pangeran Sesuhunan Sampurna Jaya (M. Abas SY).

Mengawali pertemuan itu, perwakilan tokoh adat saibatin lima marga, Saibatin Marga Ketibung, Pangeran Sesuhunan Sampurna Jaya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lamsel yang telah mengumpulkan tokoh adat dalam satu forum.

“Hari ini kita diberi kenikmatan bisa bertemu dengan orang nomor satu di Kabupaten Lampung Selatan. Mudah-mudahan dengan undangan hari ini, menjadi langkah awal untuk kebaikan kita bersama pak bupati dan Forkopimda Lampung Selatan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pangeran Sesuhunan Sampurna Jaya yang akrab disapa Abas ini menyatakan siap bersinergi dan mendukung serta mengawal segala program-program maupun kegiatan-kegiatan Bupati Lampung Selatan dalam rangka membangun bumi Khagom Mufakat Kabupaten Lampung Selatan agar tidak kalah bersaing dengan kabupaten lainnya.

“Kami bergandeng tangan, kami menyatu mendukung pak bupati. Dengan berkumpulnya kita ditempat ini menjadi saksi dan bukti bahwa pemerintah daerah dan tokoh adat serta segenap masyarakat saling bersinergi untuk membagun Kabupaten Lampung Selatan,” ucap Abas

Abas juga menyatakan, bahwa dibawah kepemimpinan Nanang Ermanto, Kabupaten Lampung Selatan akan menjadi daerah yang maju dan berkembang pesat.

“Mohon kiranya masyarakat adat yang tergabung dalam aliansi apapun atau kelompok apapun, tolong bantu pak bupati dan forkopimda untuk bisa melaksanakan program dan rencana pembangunan demi kebangkitan perubahan Kabupaten Lampung Selatan,” harapnya.

Sementara, Temengung Nimbang Marga Marga Legun Kebandaran Wayurang (Sopyan) berharap, momen pertemuan dengan para tokoh adat itu dapat menjadi agenda rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

“Minimal diadakan enam bulan sekali. Karena momen acara seperti ini menjadi perekat hubungan silaturahmi diantara kita yang berjalan baik selama ini,” katanya.

Temenggung Nimbang Marga juga berharap, dalam rangka mengikat hubungan persaudaraan diantara tokoh-tokoh adat yang ada di Lampung Selatan, dia meminta agar dalam penyebutan adat Saibatan 5 Marga cukup disebut Saibatin Wayhandak saja.

“Ini masukan, supaya kedepan tolong tidak disebut 5 Saibatin, cukup Saibatin Wayhandak saja. Kita menghormati juga saudara-saudara kita yang memang puyimbang tetapi tidak masuk kedalam 5 marga. Karena adat di Lampung selatan ini kan banyak,” tutupnya. (*)

Laporan: Alpandi.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos