PWI Lampung Tambah 25 Wartawan Berkompeten

img
Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah menyampaikan sambutan pembukaan UKW angkata XXV di Kabupaten Lampung Timur

MOMENTUM, Wayjepara--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menambah 25  wartawan berserifikasi kompeten dari Dewan Pers. Penambahan tersebut merupakan hasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXIV pada 29 hingga 30 Desember 2021. 

UKW angkatan XXV PWI Lampung yang berlangsung di Hotel Yestoya, Kecamatan Wayjepara itu diselenggerakan PWI Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) berkerjasama dengan pemkab setempat.

"UKW angkatan XXV ini diikuti 27 peserta. Seluruhnya untuk jenjang wartawan muda. Dari keseluruhan peserta, 25 orang dinyatakan berkompeten. Sendangkan dua lainya belum berkompeten," kata Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung Iskandar Zulkarnain mengumumkan hasil UKW tersebut.

Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah saat menutup UKW tersebut berpesan kepada seluruh anggota organisasi tersebut. Terutama mereka yang baru selesai mengikuti UKW dan dinyatakan berkompeten, dapat terus menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang diemban.

"UKW ini sejatinya hanya legal formal untuk mendapatkan tiket menghadapi ujian kompetensi yang sesungguhnya. Saat melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai wartawan itulah ujian yang sesungguhnya. Bagaimana kita bisa menjaga dan membuktikan predikat kompeten itu dalam melaksanakan kerja-kerja jurnalistik yang berkualitas," kata Wira.

Kepada mereka yang belum berkompeten, diharapkan tidak berkecil hati. 

"Terus belajar dan berupaya meningkatkan kualitas kinerja jurnalistik, agar kelak kembali bisa mengikuti UKW dan berhasil menyandang predikat wartawan kompeten," harapnya.

Ketua PWI Kabupaten Lamtim Musanif Efendi menyampaikan terima kasih kepada pemkab setempat yang telah mendukung pelaksanaan UKW tersebut.

"Ini untuk pertama kalinya PWI Lampung Timur bisa menggelar UKW. Semua ini tidak lepas dari dukung Pemkab Lampung Timur," kata Musanif.

Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan UKW tersebut, sebagai bentuk komitmen PWI Lamtim mendukung program kerja PWI Provinsi Lampung dan PWI pusat.

"Sesuai pesan Ketua PWI Lampung bang Wirahadikusumah, kalau ada seratus program kerja yang dilaksanakan, maka 99 program itu merupakan bidang pendidikan untuk meningkatkan kualiatas dan profesionalitas kinerja wartawan. UKW ini bentuk nyata dukungan PWI Lampung Timur untuk menyukseskan program kerja PWI Lampung lima tahun kedepan," paparnya. (**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos