KSP Instruksikan PT Adhi Karya Segera Kerjakan JTTS

img
Koordinator Tim Infrastruktur Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP), Febri Calvin Tetelepta saat meninjau JTTS Bakauheni-Terbanggibesar-Pematang Panggang beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

Harianmomentum.com-- Perwakilan Kantor Staf Presiden (KSP) meminta kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pelaksana pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) segera melakukan pembangunan fisik pada lahan yang telah dibebaskan.

 

Demikian disampaikan Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Adeham kepada media saat ditemui di Balai Keratun, Jumat (6/10).

 

"Tidak ada pesan-pesan khusus, hanya kalau tanak itu sudah dibebaskan ya langsung bangun fisiknya, jangan ditunda-tunda lagi," ujar Adeham.

 

Dia mengatakan, saat melakukan tinjauan lapangan KSP bersama dengan Pemprov Lampung pada 2-5 Oktober lalu ditemukan beberapa tanah yang sudah dibebaskan namun pembangunan fisiknya (rigid) belum dilakukan, terutama milik PT Adhi Karya.

 

Namun demikian Adeham belum mengetahui alasan BUMN tersebut tidak segera melakukan pembangunan fisik terhadap tanah yang telah dibebaskan yang berada pada lahan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Selain meminta segera melakukan pembangunan fisik, KSP juga mendorong tim percepatan untuk segera menyelesaikan proses hukum di pengadilan yang dinilai cukup lambat.

 

"Di pengadilan agak lama. Kedepan akan ada rapat lebih lanjut agar Pengadilan Negeri (PN) bisa cepat merumuskan keputusan atas sengketa lahan yang sudah diajukan," ungkap Adeham.

 

Lebih lanjut Adeham menyatakan proses pembebasan tanah yang tinggal 8-10 persen yang merupakan inti dari permasalahan dalam pembangunan JTTS ini dapat selesai pada November mendatang. Sehingga sesuai dengan target, Juni 2018 mendatang JTTS sudah selesai dapat digunakan masyarakat. (ira)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos