Konflik Lahan di Tubaba, Kapolda Kedepankan Aturan Hukum

img
Bupati Tubaba Umar Ahmad dan Kapolda Lampung Irjen Pol.Hendro Sugiatno

MOMENTUM, Panaragan--Kepolisian Daerah Lampung komitmen untuk bersikap adil mengedepankan aturan hukum dalam menangani konflik lahan antara PT Huma Indah Mekar (HIM) dengan warga lima keturunan Marga Bandar Dewa, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba).

Komitmen itu disampaikan Kapolda Lampung Lampung Irjen Pol.Hendro Sugiatno saat berkunjung ke Kabupaten Tubaba, Rabu (9-3-2022).  

"Saya tidak kenal dengan PT HIM dan juga tidak kenal dengan masyarakat lima keturunan. Kita serahkan penyelesaianya (konflik) lahan ini sesuai aturan dan hukum yang berlaku," tegas kapolda.

Hal senada disampaikan Bupati Tubaba Umar Ahmad. Bupati menyebut, kewenangan dalam masalah tersebut sangat terbatas. Karena itu, bupati menyerahkan penyelesaian persoalan tersebut, sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Persoalan ini sudah masuk ranah hukum. Jadi kita serahkan saja kepada pihak yang berwenang untuk menyelesaikan masalah ini," kata bupati.

Meski demikian, bupati mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya pihak-pihak yang berkonflik tetap bisa menjaga situasi kondusif.

"Mari kita hormati proses hukum. Sama-sama kita jaga situasi tetap kondusif agar program pembangunan tetap berjalan normal demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tulangbawang Barat," harapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos