Pemkab Pringsewu Bantu Pembudidaya Ikan Air Tawar

img
Bupati Sujadi meninjau lokasi percobaan budidaya Udang Vanname, pembenihan ikan lele, ikan nila dan ikan hias.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok pembudidaya ikan air tawar berupa anggaran, bibit dan alat-alat perikanan.

Bahkan, bantuan berupa kemudahan dalam pengurusan legalitas badan hukum di wilayah kabupaten setempat.

Bantuan diserahkan Bupati Sujadi didampingi Kepala Dinas Perikanan Debi Hardian sekaligus dalam rangkaian peringatan HUT ke-13 Kabupaten Pringsewu berlangsung di UPT Pengembangan Budidaya Ikan, Pekon Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo, Jumat (18-3-2022). 

Bupati Sujadi berpesan kepada para penerima bantuan agar memanfaatkan dengan sebaiknya  serta dapat merawat dan menjaga bantuan berupa peralatan sehingga dapat terus dipergunakan demi kelancaran usaha.

"Pergunakan bantuan dengan maksimal dan jaga serta rawat dengan baik," pintanya.

Sujadi juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu serta dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung dan Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Lampung. 

"Kami menyambut baik dilaksanakannya Program Pemberdayaan bagi kelompok perikanan yang ada di Kabupaten Pringsewu, khususnya pemberdayaan bagi UPT Pengembangan Budidaya Ikan di Pekon Tulungagung ini," ucapnya 

Menurut dia, kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen bersama untuk pelaksanaan program pembangunan bidang perikanan yang berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Usai prosesi pemberian bantuan, Bupati Sujadi meninjau langsung percobaan budidaya Udang Vanname, pembenihan ikan lele, ikan nila dan ikan hias serta  mesin pakan untuk produksi pakan ikan 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Pringsewu Debi Hardian mengatakan, program bantuan yang diberikan pihaknya telah berjalan sejak 2021. "Harapannya dapat mendorong peningkatan usaha bagi para pelaku kelompok perikanan," kata dia.

Debi menambahkan, pihaknya juga memberika pemahaman kepada para penerima bantuan mengenai apa dan bagaimana pemanfaatannya.

"Sehingga bantuan yang telah disalurkan, baik dana, bibit, alat-alat perikanan serta kemudahan dalam pengurusan legalitas badan hukum berupa sertifikat badan hukum yang dibagikan hari ini dapat benar-benar tepat guna dalam mengembangkan potensi bidang perikanan," pungkas Debi Hardian.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos