YBM PLN Tarahan Bedah Rumah Warga dengan FABA Serentak di Sumatera

img
PLN memanfaatkan 11.150 buah batako produksi UMKM dari pemanfaatan FABA dari PLTU Tarahan, PLTU Bukit Asam, PLTU Sebalang, PLTU Teluk Sirih dan PLTU Ombilin.

MOMENTUM, Tarahan--PT PLN (Persero) kembali menggelar bedah rumah dengan memanfaatkan sisa pembakaran batubara berupa Fly Ash dan Bottom Ash (FABA). Kali ini ceremoni peletakan batu pertama tersebut dilakukan serentak di 5 PLTU di Sumatera yaitu PLTU Tarahan, PLTU Bukit Asam, PLTU Sebalang, PLTU Teluk Sirih dan PLTU Ombilin.

Program bedah rumah tersebut merupakan inisiasi YBM PLN untuk membantu meringankan beban sesama yang belum memiliki tempat tinggal yang layak huni. Selain mampu menghemat biaya, program ini juga memanfaatkan batako produksi UMKM setempat.

Ceremoni peletakan batu pertama bedah rumah tersebut berlokasi di salah satu rumah warga Dusun Gotong Royong, Kabupaten Lampung Selatan dihadiri oleh Camat Katibung Hendra Jaya, S.sos beserta perangkat Desa Rangai Tri Tunggal dan diikuti oleh unit lainnya seperti PLTU Bukit Asam, PLTU Sebalang, PLTU Ombilin dan Teluk Sirih secara virtual.

General Manager PLN UIK Sumbagsel, Djoko Mulyono menurutkan setelah terbitnya PP 22/2021 sesuai lampiran XIV dimana status fly ash dan bottom ash sudah termasuk limbah non B3, maka PLN UIK Sumbagsel juga berkomitmen untuk melakukan pemanfaatan FABA secara massive dimana salah satunya program bedah rumah ini.

“Program Bantuan Bedah Rumah ini merupakan program yang di inisiasi oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, Melihat banyaknya manfaat yang bisa dihasilkan dengan pemanfaatan FABA, dalam program Bedah rumah ini PLN UPK Tarahan mengajak pemerintah daerah untuk dapat berkolaborasi sehingga yang pada akhirnya PLN berkontribusi tidak hanya masalah listrik, namun juga pembangunan dan perekonomian daerah.”terang Yuli Tri Setyono selaku Manager UPK Tarahan.

Dalam sambutannya Camat Katibung Kabupaten Lampung Selatan, mengapresiasi program bedah rumah memanfaatkan Faba.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengucapkan terima kasih kepada YBM PLN UPK Tarahan dan kita berharap kedepan akan banyak pemanfaatan faba lainnya dan bersama masyarakat, sehingga dapat mendukung pembangunan daerah khususnya Lampung Selatan“ungkap Hendra Jaya, S.sos.

Secara total program bedah rumah serentak ini akan memanfaatkan 11.150 buah batako dan menghabiskan Rp. 260,5 jt, dana YBM PLN yang menyasar golongan fakir miskis di ring 1 PLTU tersebut.

Salah satu penerima manfaat Abdul Halim (60 Tahun) yang menggantungkan hidup dari hasil kebun yang ia tanam di lahan dekat rumahnya Dusun Gotong Royong, Kecamatan katibung, Kabupaten Lampung Selatan mengucapkan terima kasih kepada YBM PLN UPK Tarahan.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos