FSB Masuk dalam 110 Even Pariwisata Nasional

img
Bupati Lambar Parosil Mabsus membuka even promosi wisata Festival Sekala Bekhak

MOMENTUM, Liwa--Masuknya Festival Sekala Bekhak (FSB) dalam 110 Even Pariwisata Nasional bertajuk Kharisma Event Nusantara (KEN) diharapkan menjadi momentum kebangkitan dunia pariwisata Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Harapan tersebut disampaikan Bupati Lambar Parosil Mabsus, Kamis (13-4-2022). Menurut Parosil Festival Sekala Bekhak merupakan ajang promosi wisata tahunan yang dilaksanakan pemkab setempat.   

"Sejak tahun 2021 hingga tahun 2022, Festival Sekala Bekhak selalu masuk dalam kalender even pariwisata nasional Kharisma Event Nusantara. Ini harus menjadi motivasi sekaligus momentum membangkitkan dunia pariwisata Kabupaten Lampung Barat," kata Parosil.  

Menurut dia, untuk bisa masuk dalam kalender even wisata nasional itu, bukan hal mudah. Perlu kerja keras dan kesungguhan semua pihak.

"Tahun 2022 ini, Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi di Indonesia. Jumlah ini meningkat 17 event dibandingkan  tahun 2021 yang hanya 302 usulan. Kemudian usulan event ini dikurasi pada tahap I dan tahap II," terangnya.

Pada kurasi tahap pertama, dari 319 tersisa 171 festival. Pada saat kurasi tahap kedua, Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata menyampaikan presentasi secara langsung terhadap lima orang kurator dari unsur: seniman, budayawan, penyelenggara event, akademisi/media dan pemerintah (kemenparekraf) untuk menetapkan 110 event yang akan diselenggarakan dalam KEN sepanjang tahun 2022.

"Masuknya Festival Sekala Bekhak dalam Kharisma Event Nusantara karena Festival Skala Bekhak menyajikan seni tradisi asli budaya Lampung Barat." ungakpnya.

Konten kegiatan yang ditampilkan, seperti gelaran nyambai, gelaran orkes gambus, muayak, bu-gamolan pekhing dan yang paling unik adalah sajian Sekura. Kesenian Sekura  menarik iminta para dewan kurator untuk menjadi ikom dari Festival Sekala Bekhak.

"Sekura hanya ada di Bumi Sekala Bekhak Lampung Barat, maka Festival Sekala Bekhak harus identik dengan Sekura." tegasnya.

Kharisma Event Nusantara yang diusung Kemenparekraf bertujuan menyatukan even-even wisata daerah untuk dipromosikan dan menjadi bagian dari kalender even pariwisata nasional. 

"Kharisma Event Nusantara bukan memilih juara, namun memilih even daerah yang layak menjadi sajian even nasional dan ikut diangkat oleh kemenparekraf dari 15 Kabupaten/Kota di Lampung," jelasnya.

Pada tahun 2022 hanya ada dua even pariwisata di Provinsi Lampung yang masuk Kharisma Even Nusantara: Festival Skala Bekhak di Lampung Barat dan Festival Krakatau di Lampung Selatan. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos