Pemkot Metro Ajak Kaum Perempuan Tingkatkan Kreativitas

img
Peringatan Hari Kartini 2022 yang digelar Pemkot Metro.

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mengajak para perempuan untuk bangkit dan tingkatkan inovasi kreativitas pada peringatan Hari Kartini.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Metro, Asih Kusminah mengatakan, diadakan peringatan ini yakni untuk mengajak kaum wanita untuk ikut berperan dalam peningkatan pembangunan di Bumi Sai Wawai.  

"Kita perlu bangkit bersama dan membantu pemerintah dalam memajukan pembangunan. Oleh karena itu, peran wanita sangat penting. Kita tingkatkan lagi kreativitas dan inovasi sehingga bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat," kata dia, Sabtu (23-4-2022).

Hal senada juga diungkapkan oleh Penasehat GOW Kota Metro, Silfia Naharani Wahdi. Silfia akan mengajak perempuan di Bumi Sai Wawai ini untuk dapat ceria bersama.

"Perempuan memiliki peran penting dalam keluarga sebagai pendidik generasi masa depan. Oleh karena itu harus mendapat dukungan dari kaum laki-laki sebagai bentuk kebersamaan atau sinergi yang harmonis dalam wadah keluarga sakinah mawaddah warohmah," ujarnya.

Dia menambahkan, Raden Ajeng Kartini pada saat itu telah berjuang agar perempuan bisa sejajar dengan pria.

"Sejajar itu bukan berarti menjadi saingan laki-laki. Bagaimanapun perempuan ini berbeda dengan laki-laki, jadi harus saling melengkapi agar lebih maju lagi," tambahnya.

Sementara itu Wahdi mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan, dengan harapan dapat memberikan semangat dan inspirasi kepada para perempuan/wanita/ibu untuk terus bekerjasama dan berkolaborasi.

Tentunya sesuai dengan kodrat dan perannya dalam membangun sehingga terwujudnya Kota Metro yang Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya dapat tercapai sebagaimana yang di harapkan bersama.

"Kepeloporan Raden Ajeng Kartini wajib kita teladani, para wanita Indonesia telah memperoleh hak-haknya sebagai wanita sesuai dengan hak kaum laki-laki, perempuan tidak akan pernah dapat dipisahkan dengan keluarga, peran perempuan dalam keluarga bukan sesuatu yang rendah nilainya, sebaliknya justru sebuah peran yang sangat mulia," kata dia.

Dia menambahkan, perjuangan RA Kartini lebih menitik beratkan pada upaya memperluas kesempatan yang pada masa lalu tidak bisa dinikmati para perempuan.

"Beberapa contoh diantaranya mengenyam pendidikan tinggi, mengutarakan aspirasi dan argumentasi, hingga menyalurkan minat, bakat dan kemampuan," tambahnya.
 
Dalam kegiatan yang juga menghadirkan Anggota Fokorpimda, para Staf Ahli, para Asisten Sekda, Kepala OPD se-Kota Metro, Penasehat GOW, Ketua GOW, serta seluruh Ketua GOW se-Kota Metro tersebut diberikan beberapa penghargaan kepada nakes untuk kasus penanganan kegawat daruratan persalinan di Pasar Cendrawasih Metro, penyerahan bantuan sosial kepada UKM di lima Kecamatan se-Kota Metro, serta pemberian bantuan kepada 22 gerakan organisasi wanita se-Kota Metro.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos