Kebakaran Pasar Unit II Diduga Sengaja Dibakar

img
Tangkapan layar video temuan jèrigen dan sisa bakaran sampah di sekitar Pasar Unit II Tulangbawang.

MOMENTUM, Banjaragung--Kabar dugaan kesengajaan terkait insiden kebakaran Pasar Unit II di Kampung Dwiwarga Tunggaljaya Kecamatan Banjaragung Kabupaten Tulangbawang terus meluas.

Informasi itu beredar melalui grup pesan singkat aplikasi whatshaap pedagang pasar. Dalam rekaman video ditemukan jerigen juga beberapa sisa tumpukan sampah di sekitar pasar yang terbakar, Kamis (5-5-2022).

Berdasarkan cerita salah satu pedagang berinisial IC, ditemukan bakaran sampah dan drigen di dua lokasi yang berjarak sekitar 30 meter dari tempat kejadian. Kemudian, ditemukan sisa pembakaran sampah yang berjarak 10 meter dari lokasi kebakaran sekira Pukul 22:57 WIB.

Hal itu lantas ditanggapi salah seorang anggota kepolisian yang ada lokasi. Saat ditanyai anggota polisi tersebut. IC mengatakan ceritanya berdasarkan video yang disebar Forum Pasar Tradisional (Fopetra).

"Itu ada tiga video yang ser digrup wastap Fopetra, oleh Joko (Sekjen Fopetra), Budi dan Yanti," ucap IC kepada petugas kepolisian tersebut. 

Menanggapi hal itu, cerita IC, anggota kepolisian tersebut meminta untuk memphoto percakapan grup aplikasi whatshaap serta video yang disebar didalamnya.

Sebelumnya, Kapolsek Banjaragung, Kompol Abdul Mutolib, menerangkan telah terjadi peristiwa kebakaran di Pasar Unit II Kampung Dwiwarga Tunggaljaya, Kecamatan  Banjaragung, Kabupaten Tulangbawang.

"Petugas mendapat informasi kejadian kebakaran dari pedagang Pasar Unit II yang melihat titik api di dalam pasar sebelah utara tepatnya di sekitar Toko Pakaian milik Nazirman," kata dia.

Selanjutnya, mereka meneruskan informasi tersebut ke group aplikasi whatshaap (WA) pedagang Pasar Unit II, sehingga petugas pemadam kebakaran (Damkar) serta pihak Kepolisian datang ke lokasi.

Para pedagang yang mengetahui informasi itu segera tiba di lokasi guna menyelamatkan barang dagangan mereka.

Tepat pukul 20.15 Wib, satu unit mobil Damkar tiba di lokasi kebakaran. Bersama masyarakat, pihak Kepolisian, Koramil Banjaragung dan Satpol PP kecamatan, tim gabungan itu berupaya memadamkan api.

Namun api belum berhasil dipadamkan dan api semakin membesar mengingat barang - barang di dalam toko-toko tersebut tergolong mudah terbakar seperti pakaian dan minyak wangi.

Selanjutnya pada pukul 20.40 Wib, dua unit mobil damkar dari Menggala tiba di lokasi untuk membantu memadamkan api.

Sekira pukul 21.15 Wib, akhirnya titik api mulai berhasil di lokalisir. Namun, akibat kejadian tersebut sebanyak 10 unit toko habis terbakar dan kurang lebih 20 unit toko lainnya mengalami kerusakan.

Untuk sementara total nilai kerugian belum dapat ditaksir dan dugaan sementara penyebab kejadian kebakaran tersebut yaitu hubungan arus pendek listrik (korsleting).

Terkait informasi yang beredar soal adanya unsur kesengajaan terkait kebakaran tersebut, dia menyebutkan masih perlu penyelidikan lebih lanjut.

Pada pukul 22.15 Wib, api mulai berhasil dipadamkan dan masyarakat meninggalkan lokasi kebakaran, situasi masih dalam keadaan aman dan terkendali.(**)

Berikut nama - nama pemilik toko yang habis terbakar yaitu sebagai berikut :
1. Mardana toko Pakaian
2. Yoga toko Pakaian
3. Najirman toko Pakaian
4. Ririn toko Sembako
5. Untung toko alat pertanian
6. Wahyu toko Tas
7. Romli toko Kosmetik
8. Niko toko Pakaian
9. Putra toko tas
10. Edi Ramaini toko Pakaian

Tiga orang pedagang emperan menitip barang di toko yang habis terbakar yaitu :

1. Yatik HSB menjual pakaian
2. Ica menjual jilbab
3. Eka menjual pakaian.






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos