Menteri Luhut: Sampah Kiriman Membuat Indonesia Jadi Negara Terkotor Nomor Dua

img
Foto: Istimewa

Harianmomentum.com--Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan mengajak seluruh masyarakat Lampung untuk selalu menjaga kebersihan pulau dari sampah.

 

Dia mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga sampah di setiap pulau tak hanya berasal dari satu daerah.

 

Namun, banyak kiriman sampah dari negara-negara lain terutama negara ASEAN yang jalurnya melalui perairan Indonesia.

 

"Saya titip semua kepulauan dari sampah yang tak hanya datang dari sini. Itu datang dari tempat lain juga, memang pemerintah harus bekerja sama untuk mengatasi sampah ini. Tingkat kekotoran negara kita berada di urutan kedua setelah Cina," kata Luhut usai menjadi Keynote Speech Seminar Nasional dan Sidang Pleno ISEI XIX, di Swiss-Belhotel Lampung, Kamis (19/10).

 

Luhut menuturkan, perairan lndonesia kini sedang menghadapi ancaman serius akibat persoalan sampah yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Jika tidak segera diatasi, sampah bisa mengancam aspek tradisional, kriminal, dan alam.

 

Tidak hanya mengancam laut Indonesia, lanjut dia, tiga ancaman yang disebut di atas juga mengancam lautan dunia. Oleh sebab itu, dia mengimbau ke semua negara untuk bisa bekerja sama menyelesaikan persoalan sampah dengan baik dan terencana.

 

"Kita harus konsen dalam membersihkan setiap penyebaran sampah di perairan negeri ini. Dan ketiga ancaman tersebut merupakan hal serius yang harus kita cegah bersama. Saya titip pulau-pulau di Indonesia untuk dijaga kebersihannya," tutupnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos