Tangis Haru Selimuti Keberangkatan Jamaah Haji

img
Jamaah haji berpisah dengan keluarganya.


MOMENTUM, Bandarlampung--Pagi itu matahari baru saja terbit dari sebelah timur dan diselimutti kabut cukup tebal sebab saat subuh hujan sempat mengguyur Kota Bandarlampung.


Tepat pukul 6:10 WIB, terlihat para jamaah haji yang turun dari kendaraannya dengan diantarkan oleh keluarganya masing-masing di Asrama Haji Rajabasa, pada Jumat (17-6-2022).


Tangis dan haru para keluarga yang mengantarkan menyelimuti jamaah haji yang hendak berangkat ke Tanah Suci.


Ada pula anak kecil dengan senyuman polos yang manis sambil memeluk kakek neneknya dan meminta mereka agar cepat pulang ke rumah.


Pelukan dan ciuman di kening tak henti-hentinya diberikan kepada jamaah haji dari keluarga yang mengantarkan, tak sedikit juga para keluarga yang menitipkan doa.


Kepada harianmomentum.com, salah satu pengantar, Yulia mengungkapkan rasa senangnya dengan tangis karena akhirnya orang tuanya bisa berangkat ke Tanah Suci.


"Sebenarnya saat ini perasaan sedang campur aduk bisa melihat kedua orang tua saya bisa berangkat haji," kata Yulia, Selasa (7-6-2022).


Dia mengatakan jerih payahnya selama ini bekerja bersama adiknya tidak sia-sia karena bisa memberangkatkan orang tuanya haji.


"Akhirnya terbayarkan sudah dan akhirnya mimpi saya dengan adik saya menjadi kenyataan yaitu untuk memberangkat kedua orang tua ke Tanah Suci," ucapnya.


Jamaah Haji asal Lampung Tengah, Hanafiah mengatakan tidak menyangka bisa diberangkatkan haji oleh anak-anaknya.


"Kami tidak pernah tahu sebelumnya, jadi mereka ini nabung secara diam-diam tanpa sepengatahuan kami orang tuanya," kata Hanafiah.


Pengantar Jamaah Haji asal Bandarlampung, Nurjanah mengaku lega karena akhirnya orang tua kesayangannya bisa berangkat menunaikan ibadah haji.


"Alhamdulillah akhirnya berangkat juga, karena harusnya sudah berangkat di tahun 2020 tapi tertunda dan baru bisa berangkat tahun ini," tuturnya.


Selain tangis haru keluarga yang terjadi menjelang keberangkatan para jamaah haji, terlihat juga rombongan yang melakukan doa bersama demi keselamatan dan kelancaran selama perjalanan Ibadah Haji. 


Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment