PLN Peduli Manfaatkan FABA untuk Bangun Rumah Warga di Lamsel

img
Rumah baru warga di Lamsel.

MOMENTUM, Lampung Selatan--PLN kembali melakukan terobosan dalam pemanfaatan limbah dari proses pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Kali ini PLN membangun rumah dengan menanfaatkan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) menjadi material bangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya PLN melalui UPK Sebalang telah melakukan pembuatan paving blok, batako dan pengecoran jalan dengan faba. Untuk memberikan dampak yang lebih signifikan kepada masyarakat, PLN membangun prototipe rumah murah dari FABA.

Sejalan dengan agenda tersebut, PLN UPK Sebalang melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) pemanfaatan FABA untuk pembangunan rumah murah FABA dilokasi dusun Sebalang 1 yang termasuk kawasan ring-1 PLTU Sebalang. Pelaksanaan pembangunan rumah tersebut memberdayakan pekerja warga dusun tersebut.

Rumah yang dibangun dengan luas 36 M2 mampu menyerap faba sebanyak 14 ton. Faba tersebut dimanfaatkan untuk pembuatan batako, campuran semen untuk coran pondasi dan perekat dinding batako.

Nur’aini (60) penerima manfaat program rumah murah FABA tak kuasa menahan haru saat tahu akan dibangunkan rumah dari bantuan PLN. Setelah suaminya meninggal dunia, dirinya mengaku sudah lama menumpang di rumah keluarganya semenjak rumahnya roboh rusak parah akibat tertiup angin puting beliung.

“Alhamdulillah..saya mengucapkan terimakasih banyak kepada PLN atas bantuannya, sehingga saya tidak menumpang lagi dan rumah ini jauh lebih layak” ujar Nur’aini.

Ditemui terpisah Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Sebalang Rosyid Nurdin Fauzi mengatakan fokus pemanfaatan limbah FABA dengan menggulirkan program bantuan kepada masyarakat sekitar PLTU seperti pembuatan paving blok, timbunan dan pembetonan jalan.


Setelah sebelumnya menggandeng Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN dalam program bedah rumah dhuafa, kini melalui program PLN Peduli PLN UPK Sebalang melaksanakan pembangunan rumah murah yang material bangunannya menggunakan FABA.
“Saat ini kami melakukan pemanfaatan FABA secara massive terutama dalam produksi paving dan batako, dengan pemanfaatan FABA yang tepat guna tentunya akan berdampak luas bagi masyarakat khususnya di lingkungan PLTU Sebalang” terang Rosyid

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Tarahan Hairul mengapresiasi atas langkah dan kinerja PLN yang banyak membantu warganya

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk PLN yang selalu menggulirkan program-program CSR terbaiknya untuk membantu, memberdayakan warga kami, semoga dapat bermanfaat dan PLN mendapat keberkahannya” pungkas Hairul.(**)


Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment