Harga Cabai di Metro Rp120/Kg, Pembeli dan Pedagang Bingung

img
Pedagang cabai di Pasar Cenderawasih Kota Metro

MOMENTUM, Metro--Pasca lebaran Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, harga cabai di Kota Metro kian melambung. Pantauan di Pasar Cenderawasih, harga cabai menyentuh Rp120 ribu perkilogram.

Kenaikan harga cabai tersebut, bukan hanya menuai keluhan masyarakat. Para pedagang cabai pun ikut bingung dengan kenaikan harga tersebut.

"Waduh, saya juga bingung harganya melambung seperti ini. Omset jadi turun. Nggak berani ambil stok banyak, takut nggak laku," kata Rohmawati pedagang cabai di Pasara Cenderawasih pada Harianmomentum.com, Rabu (13-7-2022). 

Dia menyebut, harga cabai japlak yang sebelumnya hanya Rp50 ribu/kg, saat ini melambung mencapai Rp 120 ribu/kg. "Cabai rawit hijau juga sama Rp120/kg. Sebelumnya, cuma Rp55 ribu/kg,"ungkapnya.

Menurut dia, kenaikan harga cabai itu dipicu momen Hari Raya Idul Adha. "Kalau menurut saya karena lebaran ya (Idul Adha). Biasakan kalau mau lebaran, kebutuhan meningkat. Sedangkan pasokan dari petani tidak mencukupi. Jadi harganya naik," terangnya.

Keluhan terkait kenaikan harga cabai tersebut juga disampaikan Aris Wahyudi, pedagang nasi goreng di Kota Metro.

"Saya kan untuk dagang nasi goreng. Cabai ini kan kebutuhan utama untuk dagangan saya. Nah, sekarang harganya mahal banget. Jadi bingung saya," katanya.

Dia berharap, pemerintah dapat segera menormalkan harga cabai."Maunya sih, harganya kembali normal. Biar orang kecil seperti kami ini tidak kesulitan. Kalau begini terus repot. Dibeli mahal, ngak dibeli kita butuh. Namanya juga buat dagang, nyambung hidup keluarga," ungkapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos