Ketua Himpaudi Pesawaran Kampanye Kebersihan Sekolah

img
Ketua Himpaudi Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengajak siswa Taman Kanak-Kanak selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah

MOMENTUM, Gedongtataan--Kebersihan lingkungan sekolah menjadi faktor penunjang keberhasilan  kegiatan belajar mengajar.

Terkait hal itu, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengajak sejumlah tenaga pendidik dan siswa aktif menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Ajakan itu juga bertepatan dengan momentum digelarnya lomba kebersihan lingkungan sekolah jenjang pendidikan usia dini hingga sekolah menengah atas.

"Kalau lingkungan sekolah, tentunya aktivitas belajar mengajar akan  menjadi nyaman. Selain itu, juga dapat menunjang penerapan prokes untuk mencegah penularan covid-19," kata Nanda saat mengunjungi TK Negeri Pembina Desa Sukadadi, Kecamatan Gedongtataan, Senin (25-7-2022).

Menurut dia, lomba kebersihan sekolah bukan semata untuk mengejar juara. Lebih dari itu untuk membangun kesadaran dan budaya hidup bersih dan sehat, sekaligus kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

"Dengan adanya lomba ini, diharapkan seluruh pihak sekolah, akan lebih giat menjaga kebersihan lingkungan. Kalau kegiatan ini secara berkelanjutan terus dilakukan, maka lama kelamaan akan menjadi budaya atau kebiasaan di lingkungan sekolah," harapnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran  Anca Martha Utama mengatakan, lomba tersebut diikuti 33 dari sebelas kecamatan.

"Jadi setiap kecamatan mengirimkan satu wakil sekolah dari tiap jenjang pendidikan, PAUD, TK, SD dan SMP," terangnya.

Sebelumnya, lomba serupa sudah digelar di tingkat kecamatan. Peserta lomba kebersihan lingkungan sekolah tingkat kabupaten tersebut merupakan pemenang di tingkat kecamatan.

"Kreteria penilaian meliputi:  kebersihan ruang pimpinan, ruang guru, ruang kelas, ruang perpustakaan. Kemudian halaman sekolah, dan juga kebersihan kamar mandi di lingkungan sekolah," ungkapnya.

Selain untuk memeriahkan HUT ke 15 Kabupaten Pesawaran, lomba ini juga untuk memastikan kesiapan sekolah  melaksanakan pembelajaran tatap muka seratus persen dengan tetap menerapkan prokes untuk mencegah penularan covid-19. (**) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos