Pemilu 2024, KPU Siapkan 1.379 TPS di Pesawaran

img
Kepala Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Pesawaran, Dody Afriyanto.

MOMENTUM, Gedongtataan--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran menyiapkan 1.379 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu Serentak 2024.

Kepala Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Pesawaran Dody Afriyanto mengatakan jumlah tersebut menurun sekitar 102 TPS dibandingkan dengan Pilkada 2020 lalu.

Dody mengatakan, untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024, di Kabupaten Pesawaran terdapat sebanyak 1.379 TPS dengan volume pemilih maksimal sebanyak 300 pemilih untuk satu TPS.

"Jumlah TPS kita pada tahun 2024 mendatang, mengalami penurunan dibandingkan dengan jumlah TPS pada tahun 2019 lalu yang berjumlah 1.481, hal ini disebabkan karena jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pesawaran mengalami penurunan, makanya ada penurunan jumlah TPS," katanya, Selasa (9-8-2022).

Untuk diketahui, jumlah panitia adhoc mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terdapat sebanyak 55 orang untuk 11 kecamatan, sedangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terdapat 432 orang yang tersebar di 144 desa.

"Kemudian ada juga Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang jumlahnya sesuai dengan TPS yang ada di Kabupaten Pesawaran, serta ada penambahan tiga orang sekertariat yang membantu tugas dari PPK dan PPS," katanya.

Selain melakukan pemutahiran data pemilih, pihaknya juga tengah mengusulkan dana hibah bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kabupaten setempat, salah satunya membahas terkait dengan kenaikan honor panitia adhoc.

"Kalau dalam pelaksanaan Pemilu, anggaran yang digunakan untuk honor panitia adhoc ataupun kegiatan lainnya melalui APBN. Sedangkan untuk adhoc pada pelaksanaan Pilakada nanti disesuaikan dengan anggaran APBD dan juknisnya seperti apa nantinya," tuturnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos