Goresan Mural Seniman Aceh untuk Semen Andalas

  • In Umum
  • 10 Agu 2022
  • Laporan Rls
  • 520 Views
img
Aulia Mulki Oemar, Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran SIG berfoto dengan latar belakang mural Semen Andalas di Kuta Alam Roastery, 10 Agustus 2022.

MOMENTUM, Bandaaceh -- Setiap daerah memiliki kearifan  lokal  budaya masing-masing  yang dapat dipromosikan sebagai wujud pelestarian warisan nenek moyang.

Salah satu kekayaan budaya lokal Provinsi Aceh adalah kuliner dan tradisi minum kopi sebagai sarana bersilaturahmi warga.  

Memahami  tradisi ini, Semen  Andalas menggagas ide untuk hadir lebih dekat dengan masyarakat Aceh, melalui mural yang digambar oleh Komunitas Mural Aceh Akarimaji yang digawangi oleh Arnis Muhammad, seorang mural artist  lokal Aceh.

“Karya seni mural ini adalah pendekatan baru. Kami ingin memadukan tradisi minum kopi   yang   merupakan   budaya   lokal   di   Aceh   dengan   lukisan   mural   yang   menggambarkan berbagai   elemen   budaya   asli   Aceh.   
Semen   Andalas   bangga   menjadi   bagian  masyarakat Aceh dan ingin hadir lebih dekat dengan para pelanggan kami di sini yang telah mempercayakan kebutuhan pembangunan mereka kepada kami,” ungkap Aulia Mulki Oemar, Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran SIG ketika mengunjungi Kuta Alam Roastery, salah satu lokasi kedai kopi yang dihias mural Semen Andalas.

Aulia mengatakan kegiatan merupakan dukungan Semen Andalas terhadap kreativitas anak muda  Aceh, melalui   seni   mural   yang   mewakili   elemen-elemen budaya lokal setempat. Seperti elemen warisan budaya Aceh yaitu pintoe aceh danbungong jeumpa serta bangunan-bangunan yang menjadi ikon di Aceh seperti rumoh aceh, Masjid Raya Baiturrahman, tugu simpang lima, PLTD Apung.

Tujuannya, membantu mempromosikan di kedai-kedai   kopi   yang   juga   merupakan   bagian   dari   kekayaan   bumiTanah Rencong. "Masyarakat   kini   dapat   melihat   langsung   karya   seni   mural   bertema   “Andalas,   Kuatnya Melindungi”   di   tiga   kedai   kopi   lokal   di   kota   Banda   Aceh   yaitu   Solong   Coffee   Premium   di Beurawe, Kuta Alam Roastery di Peunayong dan Coffee Bay di Ulee Lheue," kata Aulia. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos