Baznas Lampung Terima Penghargaan Kinerja Pelaksanaan Indeks Zakat

img
Piagam Penghargaan Baznas Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberi penghargaan kepada Baznas Provinsi Lampung atas kinerja pelaksanaan indeks zakat. 

Piagam penghargaan Nomor : B/023-71/BKPU/KD.02.14/VIII/2022, tertanggal 2 Agustus 2022 yang ditandatangani Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, diberikan kepada Baznas Lampung atas Kerjasama dan Partisipasinya dalam Pelaksanaan Pengukuran Indeks Zakat Nasional dan Kaji Dampak Zakat 2022.

Atas penghargaan yang diberikan Baznas RI, Ketua Baznas Provinsi Lampung Iskandar Zulkarnain mengucapkan syukur Alhamdulillah kinerja Baznas Lampung mendapat apresiasi dari Baznas RI. "Alhamdulillah pada hari ini tanggal 29 Agustus 2022, Baznas Provinsi Lampung menerima piagam penghargaan dari Baznas RI atas partisipasi dan kerjasama dalam pengukuran indeks zakat nasional (IZN) dan kaji dampak zakat 2022," ujar Iskandar, di kantor Baznas Lampung, Senin (29-8-2022).

Lebih lanjut Iskandar mengatakan, Baznas Lampung selama ini melakukan survei terhadap perkembangan para mustahik yang sudah dibantu oleh Baznas Provinsi Lampung. Dengan IZN, Baznas bisa mengetahui perkembangan mustahik. Baznas Lampung rutin melakukan laporan ke Baznas RI.

"Dengan adanya IZN ini kita bisa mengetahui dampak atau perubahan yang dialami oleh mustahik, apakah dia setelah mendapatkan bantuan dari Baznas ada perubahan atau sebaliknya. Jadi kita mengkaji dampak zakat sendiri terdiri dari indeks kesejahteraan kemudian memodifikasi IPM dan kemandirian mustahik," ujar dia.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan, pimpinan Baznas Lampung mempunyai tugas mulia setelah mengikuti Rakornas Baznas di Jakarta beberapa waktu lalu. Tugas mulia tersebut, bagaimana Baznas Lampung bersama 15 pimpinan Baznas Kabupaten/Kota lebih giat lagi dalam penggalangan zakat di daerah untuk umat. "Ini sesuai dengan ayat Al Qur'an Surat At Taubat ayat 103 yang artinya, Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui," ujar Iskandar mengutip ayat Al Qur'an.

Apalagi salah satu rekomendasi Rakornas Baznas menyepakati target pengumpulan nasional di tahun 2023 sebesar Rp33 triliun. Atas target nasional tersebut, lanjut Iskandar Baznas Lampung menargetkan perolehan sebesar Rp150 miliar yang nantinya digali dari Baznas Provinsi dan Baznas 15 kabupaten/kota. "Semaksimal mungkin, Baznas di Lampung menggali sehingga target bisa tercapai," ujarnya.

Iskandar juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah mensuport Baznas Lampung dengan mendukung kinerja Baznas. Karena itu, Iskandar dan bersama pimpinan Baznas Lampung bersama pimpinan Baznas 15 kabupaten dan kota berusaha maksimal untuk meningkatkan pengumpulan zakat di Lampung. "Ini sesuai dengan Rakornas Baznas, bahwa Baznas berkomitmen melaksanakan pengelolaan zakat menjadi lembaga utama mensejahterakan umat di Indonesia," jelas Iskandar. (*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos