Sesko TNI Pilih Lampung untuk KKDN Karena Lokasi Strategis

img
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri usai pertemuan dengan Direktur Evaluasi dan Pengembangan Sesko TNI, Brigjen Inf. Deddy Kusbandi di ruang rapat utama Gubernur, Senin (30/10). Foto: Ira Widya

Harianmomentum.com-- Lokasi yang cukup strategis menjadi alasan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI memilih Lampung jadi tempat Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) 2017.

 

Demikian disampaikan Direktur Evaluasi dan Pengembangan Sesko TNI, Brigjen Inf. Deddy Kusbandi usai melakukan pertemuan dengan jajaran Pemprov Lampung di ruang rapat utama Gubernur, Senin (30/10).

 

Dia mengatakan, Lampung dipilih sebagai lokasi KKDN atas dasar letaknya yang jadi penyangga Jakarta sebagai ibukota negara dan juga sebagai gerbang Pulau Sumatera.

 

“Lampung merupakan daerah strategis dan berpotensi dari semua sisi, baik politik, geografis maupun karena Lampung sebagai Gerbang Sumatera,” ujar Deddy.

 

Selain memilih Lampung sebagai lokasi KKDN, kata dia, Sesko TNI juga secara serentak menggelar KKDN di tiga daerah lainnya yaitu. Tiga daerah lain yang menjadi tujuan KKDN tersebut yakni Bali, Palu dan Kalimantan Selatan.

 

Dikatakannya, ada 40 Perwira Siswa Pendidikan Reguler ke-44 Sesko TNI yang mengadakan KKDN di Lampung selama seminggu. Nantinya setelah mengumpulkan data tentang Lampung, para perwira siswa akan melakukan analisis dan hasilnya akan disampaikan ke Pemprov Lampung sebagai bentuk rekomendasi.

 

“KKDN ini bagian dari kurikulum Sesko TNI. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Jumat (3/11) mendatang. Pesertanya dari TNI AD, AL, AU dan juga ada anggota Polri yang ikut Sesko TNI,” jelasnya.

 

Selanjutnya dia berharap, kunjungan ke Bumi Ruwa Jurai ini dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan Lampung ke depan. Menurut dia, kedatangan Sesko TNI ini sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk Provinsi Lampung, yang kemudian hasilnya akan diserahkan ke Pemprov Lampung.

 

Sementara, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan, kunjungan perwira siswa Sekso TNI ini untuk mengetahui kondisi Lampung secara keseluruhan. Baik dalam hal keamanan, hingga pertahanan negara.


“Keseluruhan yang berkaitan dengan itu sudah kita sampaikan saat pertemuan. Bahkan pak Gubernur juga sudah memaparkan kondisi Lampung Minggu malam. Nanti kita lihat apa rekomendasi dari Sesko TNI untuk Lampung ke depan, baik itu menyangkut ekonomi, sosial, politik dan pertahanan keamanan,” jelas Wagub.

 

Sebelumnya, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengapresiasi pilihan Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) XLIV Sesko TNI yang menjadikan Lampung sebagai tujuan.

 

“Lampung terdiri dari berbagai suku dan budaya, tetapi kami tetap bersaudara dan satu kesatuan. Alhamdulilah, Lampung meraih penghargaan sebagai Provinsi terbaik dalam penanganan konflik sosial. Stabilitas terus kami jaga,” ujar Gubernur Ridho. (ira)

 


 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos