Siswa Beragama Hindu SMAN 1 Seputihmataram Peringati Hari Raya Saraswati

img
Siswa siswi dan alumni beragama Hindu SMAN 1 Seputihmataram memperingati Hari Raya Saraswati.

MOMENTUM, Seputihmataram -- Siswa dan siswi beserta guru yang beragama Hindu di SMAN 1 Seputihmataram, Lampung Tengah mengadakan peringatan Hari Raya Saraswati di pura sekolah setempat, Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan itu dipimpin I Nyoman Gama, pemangku Sri Anggara. Untuk memperingati hari turunnya ilmu pengetahuan. Perayaan ini datangnya enam bulan sekali pada hari Saniscara Wuku Watu Gunung.

Kepala SMAN 1 Seputihmataram, Hj. Nurlina, didampingi guru Agama Hindu I Ketut Dharma Wijaksana, mengatakan, perayaan ini juga merupakan Pawedalan Pura di sekolah setempat.

Selain itu, makna dari pelaksanaannya adalah suatu bentuk bakti atau penghormatan kepada Sang Aji Saraswati sebagai personifikasi Tuhan sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan.

Dharma Wijaksana menambahkan, dilambangkan Dewi Saraswati bertangan empat. Masing-masing memegang keropak sebagai lambang gudang ilmu pengetahuan.

Kemudian, memegang Genitri sebagai lambang ilmu pengetahuan itu sifatnya tiada putus dan mengalir terus. Lalu, satu tangan memegang Wina (alat musik serupa gitar) sebagai lambang ilmu pengetahuan itu memiliki nilai seni yang tinggi.

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak siswa siswi beragama Hindu untuk menyadari betapa pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan, sehingga siswa bisa menghormati ilmu pengetahuan itu sebaik-baiknya.

Rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Saraswati dimulai pukul 07.00 WIB. Dipimpin Ida Pinandita Jero Mangku Sri Anggara. Kegiatan ini juga diikuti para alumni SMAN 1 Seputihmataram yang beragama Hindu. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos