Dinas Perikanan Mesuji Upayakan Bantuan Kapal dan Alat Tangkap untuk Nelayan

img
Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Mesuji, Sumarsono.

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji menguusulkan bantuan peraru dan peralatan tangkap ikan untuk nelayan kepada pemerintah provinsi.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Sumarsono, mengharapkan bantuan itu dapat alokasi dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 Propinsi Lampung.

Bantuan yang diusulkan itu akan diberikan kepada nelayan di Desa Sungaicambai, Kecamatan Mesuji Timur dapat berupa perahu ketek, alat tangkap berupa bubu gendang 120 unit. Kemudian, Desa Wiralaga I, Kecamatan Mesuji diaokasikan satu perahu dan lima sampan kayu.

Selanjutnya, Desa Bangunmulyo, Kecamatan Simpangpematang, sepuluh sampan fiber dan Desa Sungai Buaya, Kecamatan Rawajitu Utara, satu unit perahu besar, katanya mewakili Kadis Perikanan Mesuji Ripriyanto, Selasa 14 Februari 2023.

Selain itu, kata dia, 200 ribu benih ikan air tawar melalui dana APBD provinsi yang disalurkan ke Pokmaswas Bendungan Albaret, Desa Simpang Mesuji. Kemudian 20 ribu ikan air tawar APBD Kabupaten Mesu disalurkan ke Desa Bangunmulyo.

Semua bantuan ini masih tahap usulan ke pemerintah provinsi. Bantuan itu diharapkan terealisasi dan dapat meningkatkan pendapatan nelayan.

Dia megingatkan masyarakat untuk tidak menangkap ikan meggunakan setrum listrik, racu maupun bom. Hal ini bukan hanya merusak lingkungan, tapi juga bisa diancam dengan pidana. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos