Penimbunan Jalan Rusak, Anggota DPRD Ingatkan DPUTR Metro

img
Ketua Komisi III DPRD Kota Metro, Subhan.

MOMENTUM, Metro--Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro memberi peringatan keras kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) setempat terkait kualitas penimbunan jalan menggunakan batu belah.

Ketua Komisi III DPRD Kota Metro, Subhan mengatakan, dalam melakukan perbaikan sementara ruas jalan yang bersumber dari anggaran rutin, harus sesuai dengan standar serta tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

"Kalau sekadar menimbun tapi bisa menimbulkan bahaya masyarakat, kan akhirnya jadi enggak ada manfaatnya. Justru bisa menimbulkan korban," kata dia, Jumat (5-5-2023).

Dia menambahkan, pengawasan insan pers sangatlah penting, terlebih bisa mendorong dinas terkait untuk mengevaluasi program kerja Seperti perbaikan jalan.  

"Berdasarkan keluhan masyarakat, ada yang mengalami pecah ban akibat jalan tersebut. Mungkin batu itu gilingnya kurang maksimal. Sehingga batu penimbun jalan tersebut tidak tumpul," tambahnya.

"Itu kan sifatnya perawatan rutin. Memang tidak ada koordinasi dengan pihak DPRD. Tapi tetap kita ingatkan kepada pemerintah kalaupun itu ada perbaikan yang sudah di rencana ataupun sifatnya dadakan tolong maksimalkan pekerjaan itu, supaya tidak menimbulkan keluhan," lanjutnya.

Terlebih, imbauan dari DPRD untuk meninjau kembali mana saja pekerjaan yang sudah dilaksanakan agar bisa mengevaluasi hasilnya.

Dia menjelaskan, kalau aduan masyarakat terkait aparat penegak hukum harus memeriksa akan suatu pekerjaan tersebut, pihaknya tidak bisa masuk terlalu jauh. Akan tetapi, selaku legislatif, Subhan tetap mengingatkan kepada dinas untuk memperbaiki agar tidak menjadi masalah.

"Kita ini kan masih menghilangkan masalah, dengan penimbunan. Kalau penimbunan itu perlu ada mesin pelindas atau Wales ya turunkan. Tapi, dengan kapasitas yang sesuai, jangan menggunakan yang tidak sesuai spesifikasi," katanya.  (**)








Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos