Rektor Harap PKDP Lahirkan Dosen Profesional

img
Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, memberikan sambutan pada penutupan kegiatan In Service Training I (IST-I) Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP).

MOMENTUM, Bandarlampung--Setelah berjalan sukses menyelenggarakan rangkaian kegiatan In Service Training I (IST-I) Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) yang digelar Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) UIN Raden Intan Lampung selama lima hari (14-18 Agustus) di Hotel Emersia resmi ditutup. 

Bertempat di Ballroom kampus hijau UIN Raden Intan Lampung, kegiatan PKDP Angkatan I-III ditutup langsung oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, Sabtu (19-08-2023).

Dalam sambutannya, Rektor berharap kepada seluruh angkatan PKDP tahun ini akan lahir dosen yang profesional setelah masa inkubasi knowledge.

Short course ini adalah wadah yang bertujuan meng-upgrade materi mengenai pembelajaran, road map peningkatan kompetensi dosen, penulisan artikel karya ilmiah, karir dan jabatan dosen serta penguatan moderasi beragama, dengan materi tersebut maka diharapkan akan lahir dosen yang profesional,” katanya.

Dia mengingatkan apa yang telah disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani STP MT bahwa betapa penting menjadi dosen yang profesional.

Ada beberapa ciri dosen profesional yakni 6C. Care (peduli), Compasioner (penuh kasih sayang), Communication (pandai berkomunikasi), Courage (mampu memberi semangat), Collaboration (mampu bekerjasama dan berkolaborasi), dan Competence (memiliki kompetensi). 

“Sehingga dosen jangan menutup diri dengan perubahan-perubahan perkembangan zaman, bahkan dosen yang profesional harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut,” katanya.

Meskipun demikian, Prof Wan mengatakan untuk tidak hanya bergantung pada media. Media hanyalah tools, alat bantu dalam pembelajaran. “Proses pembelajaran harus tetap berjalan. Dosen harus siap memberikan pembelajaran di kampusnya masing-masing dengan maksimal. Meskipun terkendala sesuatu, harus bisa menutupi kekurangan tersebut ketika proses pembelajaran,” katanya.

Sebagai pimpinan, sambungnya, mewakili Kementerian Agama RI, Rektor berharap melalui kegiatan ini mampu memberikan kemajuan bagi dosen di Indonesia khususnya memberikan dampak bagi Provinsi Lampung dan Jawa Barat.

Sebagai informasi, PKDP PTP UIN Raden Intan Lampung diikuti oleh  4 angkatan yang terdiri dari 160 dosen yang berasal dari perwakilan PTK regional provinsi Lampung dan Jawa Barat. Berasal dari 5 satuan kerja yakni UIN Raden Intan Lampung, IAIN Metro, Bimas Buddha, Kopertais Wilayah II dan Kopertais Wilayah XV.

Ketua Pelaksana PKDP Prof Dr Sudarman MAg berharap seluruh peserta yang mengikuti PKDP ini lulus dengan sangat memuaskan dan dapat melanjut ke tahap sertifikasi. Sehingga, sambungnya, sesuai dengan goals PKDP ini, PKDP mampu menghantarkan peserta menjadi dosen profesional, “Salah satu ciri dosen profesional itu adalah dibuktikan dengan sertifikat pendidik (sertifikasi dosen),” ujarnya.

Dia menambahkan, PKDP Angkatan IV akan dilaksanakan 21-26 Agustus 2023 mendatang bertempat di Hotel Bukit Randu Kota Bandar Lampung. Semua peserta tersebut berasal dari Provinsi Lampung dan Jawa Barat.

Hadir dalam kegiatan penutupan PKDP, Ketua Senat UIN RIL, para Dekan, sejumlah ketua pusat dan lembaga di lingkungan UIN RIL. Di sela-sela acara penutupan PKDP, pada kesempatan yang sama, PTP UIN Raden Intan juga mengumumkan peserta terbaik dari setiap angkatan.

Setelah 5 hari ini, kegiatan PKDP akan dilanjutkan On the Job Course (OJC) selama 42 hari di satuan kerja.  Pada tahap terakhir dilanjutkan In Service Course II selama 2 hari yang akan dilakukan penilaian atas apa yang sudah dilakukan selama proses PKDP ini berlangsung.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos