Mahasiswa IBN Sosialisasi Wawasan Kebangssaan kepada Pemuda

img
Mahasiswa Institut Bakti Nusantara (IBN) lakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menyosialisasi wawasan kebangsaan kepada para pemuda dan Karang Taruna.

MOMENTUM, Pringsewu -- Mahasiswa Institut Bakti Nusantara (IBN) melakukan sosialisasi tengan wawasan kebangsaan kepada pemuda dan anggota Karang Taruna di Balai Pekon Sidojarjo, Kecamatan Pringsewu, Senin 28 Agustus 2023..

Menghadirkan narasumber dosen IBN Andreas Andoyo dan Ketua E-Sport Kabupaten Pringsewu Almira Nabila Fauzi.

Andoyo, yang juga sebagai Sekretaris DPD  Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Lampung, memaparkan tentang pondasi dasar atau pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Yaitu, 

Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Menurutnya, tantangan kebangsaan yang harus diwaspadai bukan hanya secara internal, namun juga eksternal yakni adanya pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam, serta makin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional.

Menyongsong evaluasi para pemimpin bangsa ini, dari Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Propinsi maupun kabupaten, yang perlu diwaspadai dan dicermati adalah tentang adanya informasi atau berita bohong yang dapat memecah belah antar sesama kita.

"Cerdaslah dalam memanfaatkan media sosial dan mencerna berita-berita hoaks," kata Andoyo.

Sedang Almira Nabila memberikan materi berkaitan dengan pemanfaatan tekonologi informasi untuk hal-hal yang positif dan dapat mencipakan prestasi.

"Sebagai contoh kecil  dalam peringatan HUT RI ke 78 di selenggarakan turnamen E-Sport di Pekon Sidoharjo ini dan hari ini sekaligus pembagian hadiah juara,"ucapnya.

Almira juga meminta kepada semua eleman masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa."Yakni dengan memulainya dari diri kita, bagaiman kita memanfaatkan era globalisasi ini untuk kegiatan- kegiatan positif, diantaranya olahraga prestasi E-Sport," katanya (*)







Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos