Ganjar Muncul di Tayangan Azan TV, PDIP Lampung Sebut Bukan Politik Identitas

img
Ganjar Pranowo dalam tayangan azan shalat magrib.

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membantah munculnya bakal calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo di tayangan azan magrib pada salah satu televisi swasta nasional merupakan bentuk politik identitas.

Hal itu diungkapkan Sekretaris PDIP Lampung Sutono kepada harianmomentum.com, Minggu (10-9-2023).

"Itu bukan politik identitas. Biasa saja, kita kan sering liat televisi saat adzan, ada gambar orang-orang termasuk Prof Nazarudin Umar Imam Masjid Istiqlal," ujar Sutono.

Ia mengatakan, Ganjar Pranowo merupakan tokoh yang religius.

"Dugaan saya, produser atau cameramen memakai gambar pak Ganjar karena beliau juga dari keluarga religius. Suami istri dan keluarga yang religius, begitu kira-kira analogi saya nggak tau persis," terangnya.

Senada, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto juga menilai tak ada unsur politik identitas dalam tayangan itu. Hasto mengatakan mengajak masyarakat untuk ibadah adalah hal yang baik.

"Kalau politik identitas itu kan politik yang tidak mencerdaskan kehidupan bangsa, politik yang miskin prestasi," kata Hasto di Jakarta Pusat, Sabtu (9-9).

Dia berkata religiusitas Ganjar pun tak dibuat-buat. Menurut Hasto, Ganjar dan keluarga merupakan sosok yang selalu menampilkan sisi religiusitas.

Sementara itu, pengamat politik dan akademisi Universitas Lampung M Iwan Satriawan mengatakan munculnya Ganjar pada tayangan azan ini merupakan strategi politik biasa.

"Biasa saja, itu bagian dari strategi politik. Toh ga banyak orang yang peduli dengan azan maghrib di TV kok. Jadi ga perlu dibuat pusing," kata dia.

"Toh masih lama penetapan capres dan cawapres. Jadi ini belum bisa dikatakan sebagai kampanye," imbuhnya.

Sebelumnya, Ganjar tampil dalam tayangan pengingat waktu azan magrib di stasiun televisi swasta, RCTI. Ganjar terlihat saat adegan jemaah salat berjemaah.

Ia mengenakan kemeja putih dilengkapi peci hitam dan sarung batik. Ganjar tampil mempersilakan jemaah untuk masuk masjid.

RCTI merupakan salah satu stasiun televisi di bawah naungan MNC Group milik Harry Tanoesoedibjo atau HT.

HT juga seorang politikus. Ia saat ini memimpin Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang juga mendukung Ganjar sebagai capres di 2024.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos