KPU Waykanan Gelar Pelatihan PPK dan PPS

img
Pembukaan pelatihan PPK dan PPS di Kabupaten Waykanan

MOMENTUM, Umpusemenguk--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten WayKanan melaksanakan Training of Trainer (ToT) atau pelatihan kepada 75 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan 681 panitia pemungutan suara (PPS) se-kabupaten setempat. Kegiatan berlangsung di Grand Sinar Hotel, Kecamatan Umpusemenguk, Rabu (24-1-2024)

Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan mengatakan, pelatihan tersebtu untuk memastikan penyelenggara pemungutan suara di tingkat kecamatan dan kelurahan memahami tugas dan tanggungjawabnya.

"Lewat TOT ini, kita berikan pembekalan kepada petugas PPK dan PPS agar memiliki kapasitas saat melaksanakan bimtek kepada KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 25 -28 Januari 2024 mendatang," kata Refki.

Dia meminta, serius menyimak seluruh materi yang disampaikan. Sehingga dapat benar-benar memahami teknis dan aturan pelaksanaan tugas dalam tahapan pemungutan suara pemilu 2024.

Kasubbag teknis penyelenggaraan pemilu dan humas KPU Waykanan Sulistyo Pamungkas memaparkan materi tata cara penghitungan suara pada pemilu 2024, yang tugas pokok dan fungsi KPPS.

Kasubbag Hukum dan SDM Junaidi menambahkan, pihakanya akan melaksanakan penetapan KPPS pada tanggal 24 Januari. Kemudian dilanjutan pengumuman pada 25 Januari 2024.

"Kawan-kawan PPS harus sudah memahami tata cara pelantikan KPPS," ujaranya.

Pada kesempatan itu juga dijelaskan terkait penerapan aplikasi sirekap yang menjadi alat bantu KPPS saat bertugas di tempat pemungutan suara. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos