Dokumen JTTS Tahap I Direvisi

img
Jalan tol trans Sumatra. Foto: Google.

Harianmomentum.com--Tim Percepatan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) saat ini tengah mengejar revisi dokumen perencanaan JTTS tahap I Bakauheni-Terbanggi Besar 140 km.

 

Sekretaris Tim Percepatan Pembangunan JTTS Lampung Zainal Abidin mengatakan, saat ini tim tengah menindaklanjuti surat dari Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) untuk menindaklanjuti perubahan dokumen perencanaan JTTS tahap I Bakauheni-Terbanggi Besar.

 

"Masih belum selesai. On progress," kata dia kepada media, Rabu (17/01/2018).

 

Zainal mengungkapkan, ada penambahan luas lahan sebanyak 65 ha yang digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya untuk persimpangan radiusnya harus ditambah. Kemudian juga penambahan untuk keperluan tikungan.

 

Untuk besaran ganti rugi, Zainal mengaku belum bisa memastikan. Karena terlebih dahulu harus diukur oleh BPN Lampung, lalu kemudian identifikasi dan penilaian objek tanah dan bangunan yang ada oleh tim appraisal.

 

“Soal pengukuran dan besaran ganti rugi kita serahkan ke BPN selaku pejabat pelaksana pengadaan tanah. Sebelum dibayar harus dilakukan tahap demi tahap. Jangan sampai nanti pihak proyek sudah pake tapi tanahnya belum dibayar,” pungkasnya.

 

Yang jelas, lanjut dia, pembangunan secara keseluruhan terutama rigid akan dirampungkan pada Juni 2018. Sementara Revisi dokumen perencanaan itu untuk menambah tanah jalan tol.

 

"Ada bagian tol yang masih memerlukan tanah. Jika untuk penyelesaian pengadaan tanah di bpn,  itu maret. Karena juni harus siap operasional," ujarnya.

 

Terkait peresmian oleh presiden juga hingga kini masih menggantung. Menurut Zainal, jadwal tersebut masih bergantung dengan padat jadwal Presiden Joko Widodo.

 

"Pada dasarnya daerah kapan saja siap. Hanya, informasi dan kesiapan ini kan ada di Kementerian BUMN, PT.Hutama Karya dan Protokol Presiden," ungkapnya.

 

Sementara Pimpro PT. Hutama Karya Slamet Sudrajat mengatakan, sampai saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut dari pusat mengenai kedatangan RI I untuk melaunching JTTS.

 

"Belum ada informasi terbaru. Kalau ada kabar nanti saya beritahukan," ujarnya.

 

Sebagai informasi, pekerjaan secara keseluruhan baik paket I dan paket II sudah menyentuh angka 60 persen. Untuk perigidan (beton) di Paket I Bakauheni-Sidomulyo dari total panjang 39,4 km realisasi sudah 20 km. Sementara Paket II Sidomulyo-Kotabaru dari total panjang 40,5 km sudah terealisasi juga 20 km. 

 

Sedangkan untuk paket III Kotabaru-Metro dari 29 km sudah 70 persen selesai. Sementara paket IV Metro-TerbanggI Besar  dari 31 km sudah rampung 84 persen. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos