Warga Keluhkan Limbah Transmart

img
ransmart Carrefour Wayhalim Bandarlampung.

Harianmomentum.com--Keberadaan Transmart Carrefour Wayhalim terus menuai kecaman dari warga Bandarlampung, terutama warga sekitar.

 

Selain menyebabkan macet dan menyalahi perizinan, hadirnya pusat perbelanjaan itu juga rupanya menimbulkan bau limbah di sekitar lokasi.

 

Tak sedikit warga yang bermukim di dekat kawasan pusat perbelanjaan itu keluhkan sering kali terciumnya bau tak sedap.

 

"Sering bau menyengat. Sepertinya sih dari saluran drainase depan Transmart itu," kata Marlo, warga sekitar saat dijumpai harianmomentum.com, Kamis (18/1).

 

Terlebih, jika hujan habis mengguyur kota ini sehingga setiap pengguna jalan yang melintas selalu mencium bau tak sedap.

 

“Saya sering lewat kalau jemput anak sekolah, bau limbahnya nggak tahan. Nyengat betul mas baunya,” ujarnya.

 

Hal senada disampaikan Wondo, bahwa sejak keberadaan Transmart Carrefour berdiri tak dari rumahnya. Pria berkumis tipis itu mengaku terganganggu atas aroma tidak sedap dari siring.

 

Dia menduga, bau menyengat itu berasal dari limbah pembuangan sisa makanan dari Transmart.

 

"Kami disini merasa resah terganggu mas. Siringnya bau bahkan banyak lalat lagi masuk rumah saat ini," tegasnya.

 

Disinggung sejauh kerja sama antara warga dan pihak Transmar mengenai keberadaan limbah yang dikeluhkan masyarakat.

Wondo mengaku telah melaporkan hal itu ke Transmart Carrefour untuk meminta langkah kongkrit yang harus diambil perusahaan itu untuk menghilangkan bau tak sedap itu.

 

"Alhamdulillah, untuk sekarang bau tak sedap itu berangsur-angsur hilang dan karena minggu lalu Transmart telah mengkerahkan mobil tengki untuk nenyemprot aliran drainase," tandasnya. 

 

Sementara, Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Bandarlampung Siddik Ayogo menegaskan, bangunan pusat perbelanjaan dan hiburan Transmart telah dilengkapi dengan Izin Analisis Dampak Lingkungan. (Amdal)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos