Lampung Garap Master Plan Taman Wan Abdul Rachman

img
Rakor master plan Tahura Wan Abdul Rachman. (Foto: Ira).

Harianmomentum.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Lampung mulai menggarap master plan pengembangan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wan Abdul Rachman.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto mengatakan, ada beberapa poin utama yang akan dikembangkan di lokasi tersebut yakni pengelolaan wisata air terjun, youth camp, pembukaan jalan menuju observatorium. Hingga penangkaran rusa, kupu-kupu dan agrowisata.

Budiharto mengungkapkan, pihaknya mengundang beberapa satuan kerja agar sama-sama menggarap Master Plan tersebut. Sebab untuk memajukan Tahura, harus ada konsep yang jelas sehingga bisa dijual ke kementerian maupun investor.

“Dengan adanya master plan bisa kita jual ke kementerian dan investor. Kalau pemda (pemerintah daerah) tidak punya konsep bagaimana kita mau jual,” kata Budiharto usai memimpin rapat di Kantor Dispar, kamis (18/01/2018).

Dikatakannya, pengembangan Tahura harus dilakukan secara terpadu sehingga jadi satu kesatuan objek wisata yang bisa menarik wisatawan. Pasalnya disana potensi sangat beragam, mulai dari wisata air terjun, hingga agro wisata.

Namun demikian, sambung dia, pengembangan tersebut masih mengalami kendala. Sebab banyak lahan Tahura sudah dikelola oleh masyarakat untuk bercocok tanam. Menurut Budi, pengembangan ini harus dilakukan dengan cara-cara khusus.

“Warga ada cocok tanam kopi dan coklat. Tetapi tidak produktif hasilnya, tidak maksimal. Nah itu akan kita coba supaya mereka bisa dilibatkan untuk kegiatan wisata ini, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan dari objek wisata,” jelas Budiharto.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, untuk tanaman warga yang tidak produktif, mungkin bisa diubah dengan tanaman baru bekerjasama dengan Dinas Perkebunan seperti damar, pinus, ataupun durian bibit unggul yang tinggi pohonnya masih 1 meter tetapi sudah bisa dipetik buahnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos