Musrenbang Kecamatan Metro Barat, Infrastruktur Jadi Usulan Utama

img
Walikota Metro Achmad Pairin menyampaikan arahan pada agenda Musrenbang Tingkat Kecamatan Metro Barat

Harianmomentum.com--Perbaikan infrastruktur fisik menjadi usulan utama masyarakat Kecamatan Metro Barat yang disampaikan pada agenda musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan setempat, Selasa (6/2). Agenda tersebut dihadiri Walikota Metro Achmad Pairin.

Usulan pembangunan infrastruktur itu meliputi: perbaikan sarana jalan, saluran drainaes dan rehab kantor kelurahan. Menanggapi itu, Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, akan menindaklanjuti melalui agenda musrenbang tingkat kota setempat.

"Saya lihat tadi memang tiga itu. Setelah tiga tadi, baru bidang lainnya, seperti sosial budaya dan perekonomian. Nanti masih mau dirapatkan kembali, mana yang akan menjadi skala prioritasnya," kata Pairin.

Untuk pembangunan drainase, Pairin berharap lokasinya saling terkait dan terhubung langsung dengan saluran pembuangan.  

 

"Makanya tadi saya arahkan supaya nyambung. Masak nanti RW 1 mengusulkan di jalan ini, sedangkan RW 2 nya nanti di jalan beda lagi. Kan nggak nyambung. Yang namanya drainase itukan harus satu untuk menuju saluran pembuanganya," jelasnya.

Dia menerangkan, proses perencanaan pembangunan  dilakukan melalui empat komponen: musrenbang, kebijakan walikota yang mengacu pada visi misi program, hasil reses anggota DPRD dan usulan atau program kerja dinas.

"Jadi penyusunan program pembangunan itu tidak mungkin sembarangan. Harus melalui empat komponen perencanaan. Itu agar benar-benar terkonsep dengan baik,” terangnya.

Di tempat sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengatakan, hasil musrenbang tersebut nantinya akan diseleksi untuk menetapkan skala prioritas.

 "Jadi musrenbang itu tidak harus mengakomodir semua usulan. Target kita bisa mengakomodir 62 persen usulan yang disampaikan, karena memang perencanaan pembangunan, bukan hanya lewat musrenbang," jelasnya. 

 Dia menambahkan, untuk tahun 2018 Kecamatan Metro Barat mendapat alokasi dana pembangunan Rp16 miliar. (pie)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos