Familiarization Trip HPN 2018, Wartawan Nusantara Susuri Kota Padang-Bukit Tinggi

img
Wartawan nusantara saat Fam Trip HPN 2018 di Padang Sumatera Barat.Foto:ist

Harianmomentum.com--Familiarization Trip Hari Pers Nasional 2018, sebanyak 60 wartawan se Indonesia menyusuri jalan Lintas dari Kota Padang-Bukit Tinggi serta mengunjungi berbagai tempat wisata di Padang, Sumatera Barat, Selasa (6/2).


Dipandu petugas Dinas Pariwisata Tour N Travel melalui jalan yang berkelok, naik-turun, serta menikmati pemandangan desa yang asri. Rombongan wartawan se Indonesia itu, mendengarkan penjelasan dari pemandu Fam Trip, pada setiap objek yang dilalui.


“Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan promosi efektif wisata Sumatera Barat, yang juga merupakan aset kekayaan wisata Indonesia. Ini juga dalam rangka menunjang program pemerintah dalam aspek pariwisata,” kata Diki, menggunakan pengeras suara di bus 1.


Panitia Fam Trip HPN 2018 dimasing masing bus ditugaskan dua orang pendamping, sementara beberapa wartawan local ikut bergabung dengan rombongan.


Pada perjalanan menuju Bukit Tinggi, music karaoke memancing canda tawa penumpang, sehingga mencairkan suasana yang mampu mempererat silahturahmi wartawan se Indonesia itu.


Bus satu terdapat utusan wartawan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Lampung, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan selebihnya di rombongan bus 2, 3.


Peserta Fam Trip bertolak ke Bukit Tinggi, melintasi Desa Terindah Dunia Nagari Pariangan, Istana Basa Pagaruyung, Jembatan kelok sembilan, Lembah Harau, di Kabupaten 50 Kota. “Teman-teman wartawan bisa melihat, menyentuh, merasa, mendengar dan menemukan langsung sensasi keajaiban alam dan budaya dengan destinasi yang kita miliki,” kata panitia.


Di Istana Basa Pagaruyung, rombongan disambut dengan tarian adat Minang, dan dijamu makan siang ala kerajaan Pagaruyung yang dikenal dengan sebutan makan jamba. Kemudian, dilanjutkan menuju jalur kelok 9.


Kegiatan Famtrip Peserta HPN di Provinsi Sumatera Barat diyakini bakal meningkatkan kunjungan Wisatawan dalam Negeri. Rombongan didampingi Kabid Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat.


“Wisatawan mancanegara banyak yang sudah datang ke Sumbar, termasuk Malaysia, Australia, Singapura, China, India dan Eropa namun jumlahnya masih kecil. Dengan Famtrip wartawan Nusantara ini, minimal bisa menjadi bahan cerita kebudayaan Indonesia, tentang Sumatera Barat, yang masih banyak terjaga kelestarian alamnya di Indonesia,” ujar Diki.


Tiba di Bukit Tinggi, rombongan bermalam di Grand Rocky Hotel. Sumbar merupakan salah satu tempat wisata yang cocok bagi penggemar keindahan alam dan budaya.


Berinteraksi dengan masyarakat lokal dan mengeksplor tempat-tempat baru sehingga sepulangnya wisatawan dapat mengemas paket-paket wisata ke Sumbar.


Famtrip diharapkan bisa mengembalikan kunjungan wisatawan Eropa ke Sumatra Barat yang berjaya di era tahun 1990an. “Di era tahun 1990 an wisatawan Eropa yang datang banyak terutama dari Jerman, Perancis hingga akhir tahun 2000 an. Sekarang jumlah wisatawan Eropa kecil jadi table top dengan tour operator dan travel agent ini efektif,” ujarnya.(rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos