Bumdes Kelola Wisata Embung Tirta Kesuma

img
Wahana rekreasi Wisata Embung Tirta Kesuma di Purbolinggo, Lampung Timur. Foto. Ist.

Harianmomentum.com - Dalam dua tahun terakhir, bermunculan objek wisata baru di daerah Lampung Timur. Salah satunya, Wisata Embung Tirta Kesuma di Desa Tanjungkesuma Kecamatan Purbolinggo


Kendati masih dalam tahap proses pengerjaan dan  pembangunannya baru selesai sekitar lima puluh persen, Embung Tirta Kesuma sudah menunjukan keelokannya sebagai tempat wisata. Masyarakat pun sudah banyak yang berekreasi di tempat wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Arta Jaya Kesuma ini.


Pengunjung bisa menikmati hamparan sawah yang mengelilingi embung sambil mendayung perahu mengitasi wahana wisata seluas lebih dari 300 meter itu.


Selain itu, pelancong juga bisa menikmati jungle track untuk mengenal keragaman hayati, atau singgah di gubuk baca para penghobi literasi. Tersedia wahana panahan yang dapat digunakan untuk berolahraga melepas kepenatan.




Embung Tirta Kesuma juga memfasilitasi para penyuka swafoto. Selain memanfaatkan latar belakang perahu dayung, pengunjung juga bisa berfoto dengan background miniatur Menara Eiffel yang berada di tengah embung.


Menurut Suyatno, Direktur Badan Usaha Milik Desa Arta Jaya Kesuma sekaligus Pembina Kelompok Sadar Wisata Desa Tanjungkesuma, Embung Tirta Kesuma dikembangkan dengan konsep wisata edukasi dan taman rekreasi terbuka. "Tidak sekadar berekreasi, tetapi pengunjung juga bisa belajar bersama sambil bermain," katanya.




Kawasan Wisata Embung Tirta Kesuma dibangun di atas areal seluas lima hektare. Terbagi dari kawasan air berupa embung dan kawasan darat berupa taman edukasi terbuka, jungle track dan wahana panahan, katanya.


“Pariwisata desa ini berangkat dari program Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, sekaligus kemauan dari masyarakat yang ingin mempunyai destinasi wisata. Program ini kami kerjakan bergotong royong,” tutur Sugiyanto, Kepala Desa Tanjungkesuma.


Menurut dia, kawasan pariwisata harus aman dan nyaman. Wisata Embung Tirta Kesuma ini dibangun berkat kerja sama yang baik antara masyarakat, Bumdes Artha Jaya Kesuma dan Pokdarwis Desa Tanjungkesuma. (red).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos