Tiga Terbaik Lulusan Gasum SPN Kemiling dari Keluarga Sederhana

img
Penyerahan mendali Kapolda kepada siswa SPN berprestasi. Foto. Acw.

Harianmomentum.com--Dari 231 siswa Bintara Polri Tugas Umum (Gasum), Sekolah Polisi Negara (SPN) Kemiling Polda Lampung, tahun ajaran 2017/2018, tiga siswa yang memperoleh nilai tertinggi berasal dari keluarga sederhana.


Ketiganya yakni, Brigadir Dua (Bripda) Almadian Jaya, yang berhasil meraih dua gelar lulusan terbaik sekaligus. Putra dari pasangan Sodri Alfian (aparatur sipil negara) dan Umiyati ini mencatat namanya sebagai siswa terbaik umum dengan total nilai 77,43. Pria asal pengiriman Polres Lampung Selatan ini juga meraih predikat terbaik mental kepribadian dengan total nilai lebih tinggi lagi, yakni 78,90.


Kemudian, lulusan terbaik bidang akademik dengan total nilai 79,74 diraih Bripda Jadi Antoni Sitinjak. Bintara muda asal pengiriman Polresta Bandarlampung ini merupakan putra dari pasangan K Sitinjak (wiraswasta) dan Mimin Aminah.


Selanjutnya Bripda I Gede Ngurah Suniawan sebagai lulusan terbaik kesehatan jasmani dengan total nilai 75,20. Bintara muda asal pengiriman Polres Tulangbawang itu adalah putra dari pasangan suami istri petani, yakni I Nengah Subagan Sendana dan Ni Ketut Niasih.


Kepala SPN Kemiling Polda Lampung, Kombes Pol Shobarmen mengatakan, para bintara tersebut memiliki prestasi yang baik dari awal menjalani seleksi anggota Polri.


“Anak ini dari segi intelektual, kesehatan jasmani, mental dan kepribadiannya memang memiliki nilai diatas rata-rata. Sehingga secara kualitas, dia memenuhi stantar kompetensi yang baik,” kata Kombes Pol Shobarmen saat diwawancarai, Selasa (6/3/18).


Dia menjelaskan, bahwa dalam menerima para siswa di SPN, pihaknya tidaklah melihat dari latar belakang kaya miskinnya calon siswa, melainkan dari kompetensi yang dimiliki siswa itu sendiri.


“Kita tidak melihat mereka dari suku apa, tidak juga melihat siapa orang tua mereka. Karena, semua siswa kita berlakukan sama. Jadi silahkan saja, dari anak petanikah, pedagang, PNS, silahkan bersaing dengan kompetisi yang sehat,” ungkapnya.


Sebagai kepala di SPN tersebut, Kombes Pol Shobarmen bangga dengan prestasi para siswa itu. Kebanggannya juga terwujud melihat nilai rata-rata dari seluruh siswa yang dari beberapa mata pelajaran mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.


“Ini adalah hasil dari kerjasama yang baik antara siswa dengan pengajar.Karena Prinsip dasarnyakan, kalau SDM (sumber daya manusia) nya berkualitas baik, paling tidak materi pelajaran yang diberikan mudah di pahami,” terangnya.


Selain siswa yang berkualitas, lanjut dia, juga harus bersinergi antara siswa dengan pihak pengajar.


“Karena kalau pengajarnya tidak memenuhi kompetensi, tidak akan pas juga. Jadi selain kita menerima para siswa berkualitas, kita juga menyiapkan tenaga pengajar yang berkualitas pula,” lanjutnya.


Ia mengimbau, agar para siswa yang telah selesai mengenyam pendidikan di SPN Kemiling Lampung, dapat menjadi Polisi yang baik kedepannya.


“Perjalanan mereka masih panjang. Karena, lulus dari SPN dan dapat pangkat Brigadir Dua ini baru tahap awal, masih panjang sekali  karir mereka. Untuk itulah, saya berpesan ke mereka agar dapat menjadi polisi yang baik, terutama polisi yang memiliki jiwa penolong, pelindung dan pelayan mayarakat,” ungkapnya.


Sedangkan, Kapolda Lampung Irjend Pol. Suntana yang turut serta melakukan pengalungan medali dan penyerahan piagam kepada para lulusan terbaik tersebut, juga mengimbai agar para siswa senantiasa mengasah kemampuannya.


“Tingkatkan terus kemampuan kalian. Jangan mudah puas dengan prestasi yang kalian dapatkan saat ini,” ujar Kapolda.


Gelar lulusan terbaik itu sendiri, dikukuhkan lewat keputusan Kepala SPN Kemiling Polda Lampung, Kombes Pol. Shobarmen dengan Nomor : Kep/005/III/2018/SPN di Bandarlampung, tertanggal 2 Maret 2018. (acw)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos