Koferensi PWI Lamtim, Zaiful Bokhari: Pers Jangan Tabu Dikritik

img
Konferensi PWI Kabupaten Lampung Timur. Plt Bupati Lamtim Zaiful Bukhari, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Provinsi Lampung Nizwar. Foto. Arif.

Harianmomentum.com--Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari membuka Konferensi PWI Kabupaten Lampung Timur di kantor PWI Lamteng di Sukadana, Kamis, 29 Maret 2018.


Menurut Zaiful Bokhari, telah terjadi perubahan yang sangat mendasar pada sistem informasi masyarakat. Bila dahulu informasi dimonopoli secara ketat oleh birokrasi, sekarang informasi telah tumbuh menjadi komoditas yang dimiliki oleh banyak pihak. Bahkan, karena perkembangan teknologi, informasi telah tumbuh menjadi komoditas ekonomi dan politik. 


"Perkembangan sistem informasi masyarakat tersebut bukan tanpa resiko. Bahkan kadang-kadang membawa akses negatif," katanya.


Dia menyebutkan, keluhan aparatur pemerintah terhadap batasan penyebaran informasi. Sementara media masih ada yang menilai pejabat tertutup sehingga dianggap menghambat pekerjaan pers.


Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan jajarannya akan selalu bersikap terbuka sepanjang tidak menyangkut hal-hal yang bersifat rahasia serta dalam batas koridor hukum. "Kami tidak alergi terhadap kritikan, tetapi kritik yang diharapkan adalah kritik yang konstruktif dan membangun," katanya. 


Sebaliknya, dia meminta pers jangan tabu kalau dikritik dan harus menjalankan tugas jurnalistiknya sesuai aturan yang berlaku, serta mematuhi kode etik wartawan Indonesia.


Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Provinsi Lampung Nizwar mengatakan ke depan Pemkab Lampung Timur bisa menjalin kerjasama yang baik dengan PWI.


"Saya mengharapkan PWI Lampung Timur dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan Uji Kompetensu Wartawan ( UKW ) supaya wartawan di Lampung Timur berkompeten dan tidak ada lagi berita hoax," katanya. 


Sementara ketua PWI Lampung Timur Terpilih Musanif Effendi mengharapkan dukungan seluruh anggota PWI setempat. "Mari bersama-sama memajukan PWI agar ke depan lebih baik lagi," katanya. (arf).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos