Lomba Kesrak PKK KB Tingkat Nasional, Tim Penilai Memuji Pekon Lugusari

img
Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KB Kesehatan Tingkat Nasional menyapaikan arahan pada kader PKK dan jajaran Pemkab Pringsewu.

Harianmomentum.com--Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Kabupaten Pringsewu. Pekon (desa) Lugusari, Kecamatan Pagelaran terpilih mewakili Provinsi Lampung  dalam ajang Lomba Kesatuan Gerak (kesrak) PKK-KB-Kesehatan kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Nasional Tahun 2018.

 

Selasa (17/4) Tim Kementerian Kesehatan dan TP PKK Pusat melakukan penilai lomba tersebut di Desa Lugusari. Tim penilai dipimpin Endang Budi Martani didampingi Yodhi Mulyadi dan Eko. 

 

Kedatang rombongan tim penilai disambut langsung Bupati Sujadi didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pringsewu Nurrohmah Sujadi dana jajaran pemkab setempat.

 

Ketua tim verifikasi dan penilaian lomba tersebut Endang Budi Martini menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten Pringsewu yang berhasil masuk nominasi secara nasional. Menurut dia, hal tersebut menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan bersama TP PKK.

 

“Pekon Lugusari ini memang luar biasa, asri dan hijau royo-royol. Ini tentu tidak dapat dilakukan sekejap. Sebetulnya, sekarang ini kami sedang tidak menilai lagi, tetapi untuk memverifikasi benar tidaknya kondisi yang sebenarnya. Semoga kita bisa berjumpa di Kota Manado pada peringatan Harganas nanti," kata Endang. Tim penilai juga meninjau sejumlah lokasi penilain di Pekon Lugusari.

 

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Nurrohmah Sujadi dalam laporannya mengatakan, terpilihnya Pekon Lugusari, untuk mewakili Provinsi Lampung, karena berdasarkan penilaian pada lomba serupa di tingkat kabupaten beberapa waktu lalu.

 

Menurut dia, pekon  tersebut telah memenuhi semua kriteria sehingga ditetapkan sebagai juara pada lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Pringsewu yang kemudian diikutsertakan pada lomba serupa di Tingkat Provinsi Lampung.

 

"Pada 14 Desember 2017 lalu, Pekon Lugusari ini ditetapkan sebagai juara satu untuk kategori LBS guna mewakili Provinsi Lampung. Di pekon ini terdapat sepuluh orang kader LBS," jelasnya.

 

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya mengatakan, Pekon Lugusari merupakan salah satu pekon atau di Kabupaten Pringsewu yang sangat dinamis. 

 

Pekon tersebut merupakan sentra industri kerajianan Kain Tapis, sekaligus salah satu pusat usahan perikanan budidaya.

 

"Pekon Lugusari merupakan bagian dari urat nadi perekonomian masyarakat di Kabupaten Pringsewu. Kami optimistis Pekon Lugusari bisa menorehkan prestasi terbaik pada ajang lomba ini,” kata Sujadi. (lis).

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos