Desa Sinarjati Masuk Nominator Peserta Harganas

img
Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran mendampingi Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK KB-Kesehatan Tingkat Nasional meninjau stan pameran industri kerajinan rumah tangga di Desa Sinarjati.

Harianmomentum.com--Desa Sinarjati, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran masuk nominotor peserta puncak peringatan Hari Keluaraga Nasional (Harganas) ke 25  tahun 2018, di Manado Sulawesi Utara.

  

Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional Rahmawati Amanullah saat melakukan penilain lomba tersebut di Desa Sinarjati, Selasa  (17/4).

 

Enam desa nominator itu  Desa Sinarjati Kabupaten Pesawaran. Kemudian  wakil dari Kabupaten Rokanhulu Provinsi Riau, Kabupaten Jembrana Provinsi Bali , Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah, Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Sampang Provinsi Jawa Timur.

 

Desa Sinarjati terpilih wakil Provinsi Lampung pada ajang Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Nasional Tahun 2018.

 

Rahmawati mengatakan, penilain lomba teresebut salah satunya dilakukan dalam bentuk interview di lapangan. Hal itu dimaksudkan untuk mendapatkan data objektif dalam penilaian lomba.

 

“Verifikasi lapangan merupakan penilaian lanjutan untuk mengecek kesesuaian antara laporan dengan kondisi di lapangan, karena kadang-kadang laporannya bagus, tapi kenyataannya tidak bagus. Begitu pun sebaliknya,” kata  Rahmawati.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Pesawaran meminta seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait turut mendukung agar Desa Sinarjati  bisa memberikan prestasi membanggakan.     

 

"Masuknya Desa Sinarjati  dalam lomba tingkat nasional ini, melalui kerja keras. Jadi sudah semestonya kita semua mendukung agar Desa Sinarjati bisa berprestasi di tingkat nasional,” kata Dendi menyampaikan sambutan pada acara penilaian lomba tingkat nasional tersebut.

 

Dia menerangkan, tujuan lomba tersebut bukan semata mengejar gelar juara. Lebih dari itu, adalah upaya peningkatan drajat kesehatan masyarakat melalui penerapan budaya PHBS.

 

“Budaya Pola Hidup Bersih dan Sehat yang telah diterapkan masyarakat Desa Sinarjati ini, patut dan harus dicontoh masyarakat di desa lain. Ini tugas kita semua, untuk bisa memeratakan penerapan budaya Pola Hidup Bersih dan Sehat pada seluruh lapisan masyarakat,” terangnya. (doy)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos