Isi Kultum Tarawih, Mukhlis Basri Ingatkan Jemaah Hindari Berita 'Hoax'

img
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung Mukhlis Basri saat mengisi kultum salat tarawih di Masjid Baiturohim Perum Korpri Bandarlampung, Kamis (24/5).

Harianmomentum.com--Mengisi ceramah singkat (kultum), Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung  Mukhlis Basri mengingatkan jemaah untuk menghindari berita bohong atau 'hoax' sehingga tidak salah menafsirkan dan terjerat hukum.

 

“Belakangan ini, masyarakat Indonesia khususnya seolah 'gandrung' dengan berita palsu, bohong atau yang kita kenal dengan istilah hoax,” ujar Mukhlis, di Masjid Baiturohim Perum Korpri Bandarlampung, Kamis (24/5).

 

Bupati Lampung Barat dua periode itu mengatakan, konten berita bohong bisa dengan mudah ditemukan terutama di media sosial. “Berita palsu atau hoax dalam Islam posisinya jelas, yaitu haram,” ujarnya.

 

Namun, lanjut Mukhlis, belum banyak orang yang bersedia melakukan pengecekan langsung tentang informasi demi mengetahui apakah kabar tersebut asli atau palsu.

 

Menurut dia, kemalasan klarifikasi (tabayun-mencari kebenaran) itulah yang menyebabkan bibit hoax tersemai dengan pesat.

 

“Allah tegas memerintahkan kita untuk melakukan kroscek atas informasi atau berita yang kita dapatkan. Perintah Allah untuk meneliti suatu informasi agar kita tidak terkena musibah yang hanya akan membuat kita menyesal,” beber kader banteng itu.

 

Mukhlis menambahkan, hoax amat berpotensi menjadi alat pemecah-belah umat di suatu bangsa. Dengan menyebar sebanyak-banyaknya hoax terutama tentang isu yang sensitif, Mukhlis berujar, maka gesekkan antar masyarakat semakin panas.

 

“Silang argumen dan adu cacian pun terjadi. Masyarakat dibuat menjadi saling tidak percaya, antar institusi saling mencurigai, dan target utamanya adalah membuat masyarakat kehilangan kepercayaan dan kepatuhan kepada pemerintah,” tukasnya.

 

Mukhlis mengajak masyarakat untuk berbaik sangka, menjauhi pergunjingan, fitnah, dan kebohongan. Bila hoax dijauhi dan perbuatan baik diperbanyak, kata Mukhlis, maka Indonesia akan semakin baik dan bangsa Indonesia akan terjaga dari fitnah, musibah, dan bencana perpecahan.

 

“Semoga, Allah selalu memberkati dan melindungi kita semua dari bahaya berita bohong dan fitnah,” tandas Mukhlis.(red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos