Adipati Minta Swasta Kemiteraan dengan Petani

img
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya panen raya padi di Kampung Rantautemiang, Kecamatan Banjit.

Harianmomentum-- Pihak swasta punya peran penting mendukung upaya pemerintah meningkatan kesejahteraan petani. Hal tersebut dilakukan melalui kerja sama bidang pertanian yang saling menguntungkan.


Hal tersebut dikatakan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya saat menghadiri Panen Raya Padi Sawah Musim Tanam tahun 2017  di Kampung Rantautemiang, Kecamatan Banjit,Rabu (3/5).


Menurut bupati, kerja sama antara petani dan pihak swasta harus terus dilakukan  secara berkelanjutan. 


“Salah satu tujuan kerja sama dengan pihak swasta untuk mengatasi kendala sarana produksi dan pemasaran hasil pertanian yang selama ini dihadapi para petani,“ kata Adipati.


Bupati menerangkan, program utama pemerintah pusat yang harus didukung oleh seluruh eleman pemerintah daerah dan masyarakat adalah mencapai swasembada pangan.


Untuk mewujudkan swasembada pangan, lanjut dia, pemerintah dan petani di Kabupaten Waykanan masih menghadapi beberapa kendala, diantaranya belum maksimalnyapenerapan teknologi pertanian. Kemudian, belum meratanya dan penanganan pasca panen yang secara umum masih dilakukan dengan sistem tradisional.

 

”Salah satu upaya pemecahan masalah tersebut dapat dilakukan dengan jalinan kerja sama antara pihak swasta dan petani, termasuk pemerintah daerah, “ terangnya. (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos