JCH Lampura Mulai Berangkat 27 Juli

img
Pembinaan Kepala Rombongan dan Kepala Regu Jemaah Calon Haji Kabupaten Lampung Utara

Harianmomentum.com--Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dijadwalkan berangkat menuju tanah suci Mekkah  mulai 27 Juli mendatang. Tahun ini jumlah JCH kabupaten setempat mencapai 459 orang.

 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lampura  Herman Ali mengatakan, keberangkatan JCH itu akan dibaki menjadi beberapa gelombang.

 

“Total jemaah calon haji Kabupaten Lampura tahun ini 450 orang. Terdiri dari: 217 laki-laki dan 242 perempuan,” kata J Herman Ali pada harianmomentum.com, usai mengisi acara pembinaan Kepala Rombongan dan Kepala Regu JCH, di aula kantor kemenag setempat, Kamis (05/07).

   

Dia belum bisa memastikan, jumlah kelompok terbang (keloter) keberangkatan  JCH  Lampura nanti.

"Kita belum bisa memastikan berapa kloter, baru bicara gelombang karena saat ini  masih berkoordinasi untuk menyatukan beberapa jemaah kita yang rombongannya terpisah,” terangnya.

 

Dia hanya memastikan kloter 25 masuk dalam gelombang kesatu berangkat pada 27 Juli nanti. Kloter 33  gelombang kedua berangkat pada 31 Juli dan selanjutnya kloter 57 berangkat awal Agustus.

 

Menurut dia,  tahun JCH Lampura sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah, terlebih dahulu akan ditampung di Asrama Haji Pondokgede, Jakarta. "Kita masih tetap menggunakan Asrama Haji Pondokgede, karena  daya tampung asrama di sini tidak cukup," ungkapnya.

 

Terkait kemungkinan bertambahnya jumlah kuota haji pada tahun depan, Herman mengatakan, semua itu tergantung kebijakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. "Meski perehaban Masjidil Haram telah rampung, soal bertambah atau tidaknya kuota  itu, semua kebijakan pemerintah Arab Saudi," jelasnya.

 

Prihal waktu tunggu, keberangkatan JCH mulai dari pendaftar, menurut dia, rata-rata masih berkisar 10 hingga 15 tahun . " Jika mendaftar tahun ini, paling tidak harus menunggu 15 tahun kedepan untuk berangkat,"  terangnya. (ysn)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos