Polda Lampung Mapping Distribusi Bahan Pokok

img
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung, Kombes Rudi Setiawan.

Harianmomentum--Kepolisian Daerah (Polda) Lampung mulai melakukan pemetaan (mapping) pendistribusian bahan pokok menjelang bulan Ramadhan 2017. 

 

“Kita sudah melakukan mapping 11 bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat menjelang hari besar puasa dan lebaran,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung, Kombes Rudi Setiawan, saat ditemui harianmomentum.com, di ruang kerjanya, Senin (8/5).

 

Menurut dia, tindakan tersebut dilakukan guna menjaga kenyamanan masyarakat menjalankan ibadah tanpa kesulitan memenuhi kebutuhan pokok.

 

“Tim Satgas pangan, akan terjun langsung memantau ke pasar tradisional dan pasar modern seperti, pasar tradisional di Natar dan Supermarket Chandra,” ujarnya.

 

Pemantauan itu, ia melanjutkan, terkait penyediaan beras di Bulog, hewan potong dari rumah potong hewan dan gas elpiji seberat 3 kilogram (kg) yang distribusi dari Pertamina.

 

“Jika sudah mengetahui hal itu dari hulu hingga ke hilir, Satgas Pangan akan mudah untuk melakukan pemantauan dan pengawasan,” terangnya.

 

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, pantauan dan pengawasan hingga pada tindakan tegas tanpa kompromi atau toleransi yang dilakukan, tujuannya pada saat hari besar masyarakat tidak menjadi korban kelangkaan bahan pokok atau melonjaknya harga bahan pokok akibat ulah spekulan yang mencari keuntungan besar untuk diri sendiri.

 

“Mengenai sanksi, jika ditemukan adanya kecurangan maka pihaknya akan menjerat para pelakunya dengan Undang-undang (UU) yang berlaku diantaranya, UU tentang Industri, Perdagangan, dan Hortikultura,”ungkapnya.

 

Untuk mempermudah masyarakat melapor, terkait dengan adanya indikasi kecurangan tersebut, Rudi Setiawan menambahkan, masyarakat bisa menghubungi colt center dengan cara menghubungi nomor, 082186762233.

 

“Pembentukan Satgas Pangan, rencananya akan dibahas pada Jumat (12/5) mendatang,” tambahnya. (bin)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos