Oktober, KPU Lampung Mulai Verifikasi Parpol

img
Ilustrasi, Foto: Google

Harianmomentum--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung akan memulai tahapan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 pada Oktober mendatang.

 

"Kami akan terus melakukan persiapan guna melangkah pada tahapan selanjutnya," kata Komisioner Divisi Hukum KPU Lampung M Tio Aliansyah saat Rapat koordinasi (Rakor) di Hotel Novotel, Selasa (9/5).

 

Menurut dia, pihaknya harus lebih cermat dalam melaksanakan tiap tahapan mengingat banyaknya agenda yang akan dilalui pada tahun ini.

 

Selain verifikasi parpol peserta pemilu 2019, pihaknya juga harus menyiapkan pelaksanaan Pemilihan gubernur (Pilgub) Lampung di tahun 2018.

 

"Secara teknis, kami sudah siap untuk melaksanakan kegiatan verifikasi parpol tersebut," kata dia. Pada Mei hingga Agustus mendatang, ia menerangkan, pihaknya akan lebih fokus pada bimbingan teknis dan sosialisasi.

 

"Kami juga akan membentuk helpdesk sipol sebagai sistem informasi bagi parpol," ujarnya.

 

Mengenai pendaftaran, ia mengatakan dimulai pada Oktober mendatang, setelah itu baru dilanjutkan dengan tahapan verifikasi yang akan dilaksanakan hingga Februari 2018.

 

Selanjutnya, penetapan parpol peserta pemilu akan dilaksanakan Maret 2018. "Biasanya akan ada sengketa hukum atau gugatan di PTUN terkait ketidaklolosan verifikasi parpol, sehingga harus bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP)," kata dia.

 

Dengan bekerja sesuai SOP, diharapkan seluruh KPU di 15 kabupaten/kota dapat terhindar dari sengketa tersebut.(awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos