Yuk... Pelesir ke Pulau Permata

img
Dermaga Pulau Permata membentang sepanjang 150 meter./ Agung CW

Harianmomentum.com--Di wilayah Kota Bandarlampung, ada sebuah pulau yang menarik untuk dikunjungi. Namanya Pulau Permata. Lokasinya di perairan laut Teluk Lampung,  tidak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing, Kecamatan Telukbetung Timur.

 

Ada dua akses Untuk mencapai Pulau Permata: menggunakan jasa penyeberangan perahu melalui dermaga TPI Lempasing atau via obyek wisata Pantai Quen Arta, Kabupaten Pesawaran.

 

Untuk mendapatkan jasa penyeberangan perahu dari kedua lokasi tersebut, pengunjung dapat menghubungi pihak pengelola Pulau Permata melalui nomor telepon 0812-429-2420 atau 0822-6938-5451. 

 

"Kita pakai sistem paket untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Pualu Permata. Setiap orang cukup membayar Rp20 ribu. Itu sudah termasuk biaya antar jemput penyeberangan perahu dan tiket masuk Pulau Permata," kata  Suciono pengelola obyek wisata Pulau Permata.

 

Di Pulau Permata, wisatawan bisa menikmati sensasi hamparan  pasir putih bersih  dengan air laut yang jernih. Wisatawan juga dapat berjalan mengililingi Pulau Permata.

 

"Kita sudah bangun jalan beton  sebagai akses pengunjung untuk berkeliling pulau. Kita juga menyiapkan pondok-pondok untuk para wisatawan bersantai, Ukuran podoknya ada yang besar dan kecil," terangnya.

 

Saat ini pihak pengelola Pulau Permata masih menggratiskan fasilitas pondok tersebut. "Kalau yang datang sama keluarga, bisa pakai pondok yang besar.Sekarang pondok-pondok itu masih kita gratiskan. Jadi belum ada biaya sewa pondok," kata Suciono.

 

Menurut Suciono, pengembangan obyek wisata  Pulau Permata baru dilakukan pada awal tahun 2018. 

"Semula masyarakat di sini  lebih mengenal pulau ini dengan sebutan Pulau Kubur. Awal tahun 2018, kita mulai kembangkan menjadi obyek wisata dengan nama Pulau Permata," jelasnya. 

 

Berbagai sarana penunjang wisata yang sedang dibangun di Pulau Permata, antara lain: kolam berbentuk love atau disebut kolam cinta, akses air besrsih, serta puluhan pondok peristirahatan  di tepi laut.

 

"Sekarang fasilitas yang sudah ada seperti,  dermaga sepanjang 150 meter dan lokasi berfoto untuk pengunjung. Kita terus membangun spot foto lainnya, sehingga bisa juga dipakai untuk foto pre wedding (sebelum menikah),” jelasnya.

 

Pengujung juga tidak perlu repot membawa bekal makanan dan minumin  saat berwisata ke Pulau Permata. Pihak pengelola sudah menyiapkan kantin bagi yang ingin menikmati beragam kuliner siap saji.

 

"Nanti kita juga akan membangun penangkaran penyu dan penginapan. Jadi akan semakin banyka fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan di Pulau Permata," ungkapnya. (acw)


Leave a Comment