Pemprov Lampung Tingkatkan Sertifikasi Profesi

img
Budiharto. Foto.Dok.

Harianmomentum.com--Pemerintah Provinsi Lampung terus meningkatkan sertifikasi profesi terhadap sumber daya manusia (SDM) di daerah ini. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Lampung Budiharto, upaya tersebut sebagai langkah menghadapi pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  

Sehingga SDM di Lampung siap menghadapi segala tantangan dan persaingan dengan negara-negara tetangga, ujar Budiharto usai membuka sertifikasi kompetensi karyawan hotel dan Restoran di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung, Selasa (14/8/18).

Budiharto mengatakan, sertifikasi memiliki nilai penting sebagai bukti karyawan yang berkompeten. Terlebih, dalam waktu dekat negara-negara Asean sudah memasuki persaingan dalam kebijakan MEA, sehingga peningkatan sumberdaya manusia harus menjadi prioritas.

"Dengan MEA itu masuknya karyawan sudah bebas. Siapa pun bisa masuk ke Lampung dan kita juga bisa masuk kesana asal SDM-nya siap. Jika tidak siap otomatis akan ketinggalan," ujar Budiharto.

Begitu pula di sektor pariwisata, kata dia, khususnya bidang hotel dan restoran yang harus terus meningkatkan kompetensi SDM.

"Contohnya saja bagian resepsionis tidak boleh hanya melayani tamu datang dan pergi saja, tetapi harus bisa melayani semua keinginan tamu, etitude-nya harus baik, bahasa harus jelas dan sopan," kata Budiharto. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos