Lampung Peringkat Sembilan Kejahatan Seksual Anak

img
Konferensi pers Komnas Perlindungan Anak di Bandarlampung.

Harianmomentum--Provinsi Lampung divonis menjadi peringkat sembilan tertinggi kasus kejahatan seksual terhadap anak dari 34 provinsi se Indonesia.

 

Hal tersebut dinyatakan oleh Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait, saat konferensi pers usai menghadiri acara silaturahmi dan konsolidasi Lembaga Perlindungan Anak se provinsi Lampung bersama Komnas Perlindungan Anak di Rumah Makan Kampung Bambu, Senin (22/5).

 

Menurut dia, pihaknya prihatin dengan banyaknya kasus kejahatan seksual yang menimpa remaja khususnya anak di bawaha umur di provinsi ini.

 

“Saya sangat prihatin dengan peningkatan kasus kekerasan seksual pada anak di Lampung ini, pada 2016 lalu padahal Lampung peringkat sebelas, namun sekarang melejit ke angka sembilan,” jelasnya.

 

Arist juga menjelaskan dari banyaknya kasus kejahatan terhadap anak di Lampung, sebanyak 52 persen adalah kasus kekerasan seksual dan sisanya adalah kejahatan lain seperti begal dan lain-lain.

 

“Kekerasan seksual terhadap Anak di Lampung didominasi kasus kekerasan seksual bergerombol seperti anak-anak diperkosa secara beramai-ramai dan terakhir kasus seperti itu terjadi di Kabupaten Tulangbawang Barat,” jelasnya.

 

Guna mengatasi persoalan tersebut, Komnas Anak Indonesia berupaya mewujudkan program strategi perlindungan anak di Lampung, diantaranya membangun gerakan nasional perlindungan anak yang dimulai dari desa, kelurahan dan kecamatan.

 

Ia berharap dapat melakukan pencegahan kejahatan terhadap anak sejak dini mulai dari pedesaan. Selain itu, pihaknya akan menbentuk Pokja perlindungan anak di tingkatan kecamatan dan desa (kampung).

 

“Membentuk pokja perlindungan anak di tingkat kecamatan dan kampung serta desa yang terintegrasi dengan undang-undang pedesaan, dengan tujuan kasus-kasus kejahatan terjadap anak bisa kita tangkal sejak dini,” ujarnya.(adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos