Prioritaskan Logistik Daerah Rawan

img

BANDAR LAMPUNG--Komisi Pemilihan Umum (KPU) lima kabupaten yang menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) di Lampung memprioritaskan distribusi logistik di tempat-tempat rawan. Perlengkapan logistik tersebut berupa surat suara, bilik suara, kotak suara, tinta, alat pencoblos, dan sebagainya menjadi hal yang paling penting diperhatikan.

Untuk surat suara sendiri berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5% surat suara setiap TPS dan juga ditambah 2.000 surat suara pemilihan ulang. Untuk diketahui, DPT di lima kabupaten itu, yakni Pringsewu 310.046 pemilih, Lampung Barat 214.648 pemilih, Mesuji 141.634 pemilih, Tulangbawang 299.032 pemilih, dan Tulangbawang Barat 179.263 pemilih.

Ketua KPU Kabupaten Lampung Barat Imtizal mengatakan pihaknya akan menggelar rapat bersama Polres, kodim, panwakab, dan pemangku kepentingan terkait untuk membahas mengenai logistik pelipatan surat suara di aula KPU setempat, Senin (30/1/2017).
"Rencana awal kami lipat surat suara pada 4 Februari tapi kami majukan pada 1 Februari karena untuk mengantisipasi adanya kendala untuk segera diantisipasi," kata dia kepada Lampost.co, Minggu (29/1/2017).
Mengingat daerahnya banyak perbukitan, pihaknya akan membuat mekanisme pendistribusiannya memprioritaskan atau mendahulukan daerah-daerah yang sulit dijangkau terlebih dahulu. "Seperti daerah Suoh, Bandar Negerisuoh, Pagardewa, dan Lombokseminung. Nanti juga akan ada pengawalan, anggota polisi juga akan melekat," ujarnya.
Hal senada juga terjadi di KPU lainnya. Ketua KPU Kabupaten Mesuji Saiful Anwar mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan proses pelipatan surat suara semua. Pihaknya menemukan sekitar 24 lembar kertas suara yang rusak dan sudah diganti. "Untuk logistik sudah siap semua tinggal pelaksanaan pendistribusiannya," kata dia.

Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Divisi Pencegahan Nazarudin mengatakan ada tiga daerah rawan yang perlu diawasi lebih pihak pengawas dalam pendistribusian logistik itu.
"Daerah tersebut seperti Lampung Barat yang daerahnya perbukitan dan susah diakses, kemudian Mesuji yang ada jarak tempuhnya agak sulit dan Tulangbawang karena sejumlah daerah harus ditempuh menggunakan spedboat atau perahu dalam pendistribusiannya," ujarnya, kemarin.
Kemudian, ia juga mengingatkan kepada jajaran pengawas untuk terus melakukan pengawasan melekat mulai dari pengepakan sampai pendistribusiannya. Pihak panwas juga harus berkoordibasi dengan KPU agar tidak terjadi kesalahan dalam isi kotak logistik itu.
"Kawan-kawan panwas juga coba ambil sempel dalam pengepakan tersebut agar tidak terjadi surat suara yang tertukar setiap TPS-nya. Saat pendistribusiannya juga harus diawasi," kata dia.


sumber : http://lampost.co/berita/prioritaskan-logistik-daerah-rawan






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos